Show simple item record

dc.contributor.authorRANA NUR SYIFA
dc.date.accessioned2022-12-14T06:46:01Z
dc.date.available2022-12-14T06:46:01Z
dc.date.issued2022-09-16
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40963
dc.description.abstractKawasan Jalan Persatuan merupakan kawasan pendidikan dan kawasan pedagang kaki lima dan merupakan jalur utama yang menghubungkan kawasan pendidikan dan pusat kota. Kegiatan pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar sepanjang jalan persatuan tidak memiliki area parkir untuk konsumennya sehingga konsumen yang ingin berbelanja harus memarkirkan kendaraannya di badan jalan. Hal tersebut jelas mengurangi lebar jalan efektif, sehingga lajur kendaraan lain yang ingin melintasi jalan tersebut menjadi sempit, hal ini menyebabkan seringnya terjadi kemacetan di kawasan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja ruas jalan akibat adanya kegiatan parkir di badan jalan dan untuk mencari usulan perbaikan yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan parkir menggunakan badan jalan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif. Data primer dalam penelitian ini didapatkan dari hasil survei lalu lintas di lokasi penelitian, sedangkan untuk data sekunder didapatkan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil Provinsi DIY. Kedua data tersebut kemudian dianalisis menggunakan Microsoft Excel, dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah MKJI 1997 dan Greenshield. Dalam menganalisis kinerja ruas jalan menggunakan MKJI 1997 didapatkan nilai derajat kejenuhan dan kecepatan kendaraan, kemudian didapatkan Tingkat Pelayanan (ITP) pada jalan tersebut. Metode Greenshield digunakan untuk mendapatkan nilai voulme kendaraan maksimal, kecepatan kendaraan maksimal dan kepadatan maksimal. dari dua metode yang digunakan, analisis dilakukan dalam dua kondisi. Kondisi pertama merupakan kondisi eksisting yaitu kondisi awal saat adanya kegiatan parkir yang menggunakan badan jalan, dan kondisi kedua yaitu saat menggunakan kondisi tidak adanya kegiatan parkir menggunakan badan jalan atau parkir dipindahkan yang merupakan kondisi yang digunakan dalam usulan perbaikan. Kemudian dua kondisi tersebut dimodelkan dengan Software PTV-VISSIM. Setelah permodelan selesai, didapatkan hasil kecepatan rata-rata kendaraan yang melintas di ruas Jalan Persatuan. Dari nilai kecepatan rata-rata yang didapatkan, maka keduanya akan dibandingkan. Selain itu nilai derajat kejenuhan dan nilai Tingkat Pelayanan (ITP) juga akan dibandingkan dalam dua kondisi tersebut. Hasil analisa menggunakan metode MKJI 1997 saat adanya kegiatan parkir di badan jalan nilai derajat kejenuhan pada ruas Jalan Persatuan sebesar 0,98 dan kecepatan rata-rata kendaraan sebesar 29 km/jam, untuk kategori ITP adalah F. Selanjutnya untuk kondisi yang digunakan sebagai solusi alternatif yaitu dengan menghilangkan kegiatan parkir badan jalan hasil analisa MKJI 1997 nilai derajat kejenuhan turun sebesar 104,167 % menjadi 0,48 dan kecepatan rata-rata kendaraan meningkat sebesar 35,71 % menjadi 39 km/jam, untuk kategori ITP meningkat menjadi C. Dilihat dari nilai derajat kejenuhan yang menurun dan kecepatan yang meningkat, maka perubahan terlihat signifikan. Selanjutnya hasil analisa menggunakan metode Greenshield nilai volume maksimum yang terjadi pada adanya parkir adalah sebesar 2428,504 smp/jam dengan kecepatan maksimum sebesar 57,303 km/jam dan kepadatan maksimum sebesar 176,248 smp/km, sedangkan pada kondisi dengan tidak adanya parkir nilai volume maksimumnya meningkat sebesar 10,65 % menjadi 2687,149 smp/jam dengan kecepatan maksimum meningkat sebesar 6,474 % menjadi 61,013 km/jam, dan nilai kepadatan maksimum juga meningkat sebesar 3,97 % menjadi 169,520 smp/km Dalam permodelan PTV-Vissim hasil Output berupa kecepatan rata-rata kendaraan, untuk ruas jalan dengan adanya kegiatan parkir kecepatan kendaraan rata-rata sebesar 27,26 Km/Jam arah Utara-Selatan dan sebesar 27,43 km/jam arah Selatan-Utara dan saat tidak adanya parkir di badan jalan, kecepatan rata-rata kendaraan sebesar 41,25 Km/Jam arah UtaraSelatan dan sebesar 41,62 km/jam arah Selatan Utara. Dari hasil keluaran software PTV-VISSIM dapat dilihat kecepatan rata-rata kendaraan meningkat sebesar 51,32 % arah Utara-Selatan dan sebesar 51,73 % arah Selatan-Utara.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectDerajat Kejenuhanen_US
dc.subjectKecepatanen_US
dc.subjectMKJI 1997en_US
dc.subjectPTV-VISSIMen_US
dc.titleEvaluasi Kinerja Ruas Jalan Akibat Adanya Parkir Di Badan Jalan Pada Jl. Persatuan Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM17511086


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record