Show simple item record

dc.contributor.advisorSeptia Rani, S.T., M.CS.
dc.contributor.authorLUTHFIAN HANIF NURFALAAH
dc.date.accessioned2022-12-08T08:36:21Z
dc.date.available2022-12-08T08:36:21Z
dc.date.issued2022-09-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40886
dc.description.abstractMasalah kebahagiaan merupakan masalah global yang hampir dialami seluruh negara di dunia. Setiap negara berlomba mewujudkan kebahagiaan untuk masyarakatnya. Menurut data World Happiness Report 2022 Finlandia dinobatkan sebagai negara dengan peringkat kebahagiaan tertinggi di dunia dengan beberapa aspek dan faktor seperti pendapatan, sosial, usia harapan hidup dan beberapa aspek dan faktor yang mempengaruhinya. Berbeda dengan Finlandia, negara Indonesia berada pada peringkat 87 terpaut jauh dengan pemuncak peringkat tersebut. Saat ini salah satu cara yang digunakan untuk mengekspresikan kebahagiaan adalah melalui media sosial. Menurut data yang telah dihimpun dalam Digital 2021 October Global Statshot Report yang dilakukan oleh We Are Social dan Hootsuite menunjukan lebih dari 4,5 miliar pengguna media sosial yang dilaporkan dan jumlah tersebut terus bertumbuh. Munculnya media sosial seperti Facebook, Twitter, TikTok dan Instagram, digunakan seseorang untuk menggambarkan perasaan yang ada dalam dirinya, membagikan momen maupun kegiatan termasuk salah satunya kebahagiaannya dalam bentuk video maupun foto. Kemajuan teknologi yang ada pada saat ini juga melahirkan inovasi baru berupa kecerdasan buatan yang dikembangkan dalam upaya mempermudah manusia dalam menjalankan kehidupan. Kecerdasan buatan yang dapat dimanfaatkan salah satunya adalah teknologi Automatic image caption. Teknologi image caption digunakan untuk mengidentifikasi suatu objek dari sebuah foto atau gambar yang telah ditentukan, hasil dari identifikasi tersebut biasanya berupa teks berbentuk label pada objek yang ada pada foto tersebut. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah analisis tematik menggunakan data berupa foto yang ada di platform Instagram yang didapatkan dari CrowdTangle dan teknologi kecerdasan buatan digunakan untuk mengidentifikasi objek yang ada pada citra memanfaatkan model arsitektur yaitu Inception v3. Setelah melalui beberapa proses image captioning didapatkan beberapa gabungan kata berupa kegiatan atau objek yang dapat menggambarkan kebahagiaan, seperti persepsi kebahagiaan kebanyakan unggahan foto di Finlandia adalah kegiatan diluar ruangan dan penampilan fisik, sedangkan persepsi kebahagiaan di Indonesia adalah berkaitan dengan hubungan sosial.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectKebahagiaanen_US
dc.subjectInstagramen_US
dc.subjectCrowdTangleen_US
dc.subjectImage captioningen_US
dc.subjectfotoen_US
dc.subjectInception v3en_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.titleAnalisis Persepsi Kebahagiaan Berdasarkan Unggahan Foto Instagram Menggunakan Kecerdasan Buatanen_US
dc.Identifier.NIM18523233


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record