Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Syarif Hidayat, S.Kom., M.I.T.
dc.contributor.authorPRAYUDHA BRYANTAMA NUGRAHA
dc.date.accessioned2022-12-01T02:19:41Z
dc.date.available2022-12-01T02:19:41Z
dc.date.issued2022-07-17
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40751
dc.description.abstractSemakin ketatnya persaingan di bidang industri perdagangan terutama pada sektor penjualan makanan dan minuman, secara tidak langsung akan memaksa pemilik usaha untuk menyusun sebuah strategi supaya dapat mendatangkan banyak konsumen. Kemudian masih banyak pengusaha masih belum dapat memanfaatkan data transaksi dengan maksimal. Padahal jika data transaksi tersebut dimanfaatkan, dapat menjadi sebuah informasi yang dapat membantu pengambilan keputusan dan meningkatkan jumlah kedatangan konsumen. Salah satu cara pemanfaatan data transaksi ini adalah dapat digunakan untuk mengetahui selera konsumen. Algoritma apriori dapat membantu dalam proses penjualan, dengan algoritma apriori ini, dapat memberikan sebuah kombinasi item. Pemilik bisnis dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mengambil sebuah tindakan, yaitu dengan menggunakan informasi tersebut untuk menentukan strategi penjualan. Sebuah bisnis bisa bertahan ketika memiliki konsumen sebagai pelanggan. Untuk mendapatkan konsumen akan dibutuhkan sebuah strategi, baik dengan cara tradisional maupun dengan cara modern. Sebuah tindakan harus dilakukan untuk membuat bisnis semakin maju. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah konversi bisnis. Dengan mengkonversikan bisnis menggunakan algoritma apriori, data penjualan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah keuntungan bisnis. Konversi yang dilakukan adalah dengan menggunakan algoritma apriori ke dalam point of sales, dengan demikian algoritma apriori akan menjadi bagian dalam sistem yang kemudian akan memberikan kombinasi yang terbentuk dari hasil transaksi jual beli dengan konsumen. Dalam penelitian ini, kombinasi yang baru terbentuk adalah, biji kopi brazillian organic, primer espresso roast dan espresso roast. Ketika konsumen sudah menentukan sebuah barang yang akan dibeli yaitu biji kopi brazillian organic, penjual dapat menebak apakah konsumen juga akan membayar untuk primer espresso roast, espresso roast atau keduanya, tetapi jika konsumen tidak membelinya pemilik dapat memberikan rekomendasi berupa espresso roast atau primer espresso roast.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectalgoritma apriorien_US
dc.subjectdata miningen_US
dc.titleKonversi Bisnis Menggunakan Algoritma Apriorien_US
dc.Identifier.NIM17523024


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record