Show simple item record

dc.contributor.advisorDr.rer.nat Dian Sari Utami S.Psi., M.A.
dc.contributor.authorRIVALDO JULIANSYAH
dc.date.accessioned2022-11-24T08:00:40Z
dc.date.available2022-11-24T08:00:40Z
dc.date.issued2022-08-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40610
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dan kecemasan akademik pada siswa SMA atau sederajat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah 153 responden siswa SMA atau sederajat yang terdiri dari 66 responden laki-laki (43.1%) dan 87 responden perempuan (56.9%). Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi The Academic Anxiety Scale (AAS) dan The Emotion Regulation Questionnaire (ERQ). Hasil penelitian melalui uji korelasi Rank Spearman menunjukan bahwa regulasi emosi memiliki hubungan yang negatif terhadap kecemasan akademik ditunjukan dengan nilai koefisien r = -0.544 dan p = 0.000 (p<0.05). Semakin tinggi regulasi emosi siswa maka semakin rendah kecemasan akademik yang dialami. Begitu sebaliknya, semakin rendah regulasi emosi siswa, semakin tinggi kecemasan akademik yang dialami.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectregulasi emosien_US
dc.subjectkecemasan akademiken_US
dc.subjectkecemasan akademik pada siswa SMAen_US
dc.titlePeran Regulasi Emosi Terhadap Kecemasan Akademik Pada Siswa Sma Atau Sederajaten_US
dc.Identifier.NIM18320221


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record