dc.contributor.advisor | Dr.rer.nat Dian Sari Utami S.Psi., M.A. | |
dc.contributor.author | RIVALDO JULIANSYAH | |
dc.date.accessioned | 2022-11-24T08:00:40Z | |
dc.date.available | 2022-11-24T08:00:40Z | |
dc.date.issued | 2022-08-24 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40610 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dan kecemasan
akademik pada siswa SMA atau sederajat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah 153 responden siswa SMA atau sederajat
yang terdiri dari 66 responden laki-laki (43.1%) dan 87 responden perempuan (56.9%).
Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi The Academic Anxiety
Scale (AAS) dan The Emotion Regulation Questionnaire (ERQ). Hasil penelitian melalui
uji korelasi Rank Spearman menunjukan bahwa regulasi emosi memiliki hubungan yang
negatif terhadap kecemasan akademik ditunjukan dengan nilai koefisien r = -0.544 dan p
= 0.000 (p<0.05). Semakin tinggi regulasi emosi siswa maka semakin rendah kecemasan
akademik yang dialami. Begitu sebaliknya, semakin rendah regulasi emosi siswa,
semakin tinggi kecemasan akademik yang dialami. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA | en_US |
dc.subject | regulasi emosi | en_US |
dc.subject | kecemasan akademik | en_US |
dc.subject | kecemasan akademik pada siswa SMA | en_US |
dc.title | Peran Regulasi Emosi Terhadap Kecemasan Akademik Pada Siswa Sma Atau Sederajat | en_US |
dc.Identifier.NIM | 18320221 | |