Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. rer. nat. Arief Fahmie, S.Psi., MA.,
dc.contributor.authorTANIA MAYENDRY
dc.date.accessioned2022-11-17T03:28:13Z
dc.date.available2022-11-17T03:28:13Z
dc.date.issued2021-03-15
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40478
dc.description.abstractJumlah kecelakaan pada pengemudi ojek daring selalu bertambah setiap tahun yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi mengenai perilaku mengemudi agresif pada pengemudi ojek daring berdasarkan pola kepribadian lima faktor dan iklim keselamatan. Subjek berjumlah 150 orang pengemudi ojek daring di Provinsi D.I. Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan tiga skala psikologis yaitu Aggressive Driving Behavior Scale (ADBS); skala Big Five Inventory (BFI) dan skala Safety Climate Quesstionaire Modified for Driver (SCQ-MD). Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi JASP for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian lima faktor dan iklim keselamatan secara signifikan dapat memprediksi perilaku mengemudi agresif pada pengemudi ojek daring. Kepribadian lima faktor memiliki pengaruh lebih besar dalam memprediksi perilaku mengemudi agresif pada pengemudi ojek daring dibandingkan iklim keselamatan. Faktor kepribadian keterbukaan, faktor komunikasi dan prosedur, dan faktor peraturan keselamatan memiliki pengaruh lebih tinggi dibandingkan faktor lainnya dalam memprediksi perilaku mengemudi agresif pada pengemudi ojek daring.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectPerilaku Mengemudi Agresifen_US
dc.subjectKepribadian Lima Faktoren_US
dc.subjectIklim Keselamatanen_US
dc.titlePrediksi Perilaku Mengemudi Agresif Pengemudi Ojek Daring Berdasarkan Kepribadian Lima Faktor Dan Iklim Keselamatanen_US
dc.Identifier.NIM19915066


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record