Hubungan Psychological Well-Being Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia
Abstract
Kemandirian belajar merupakan suatu hal yang krusial terutama
bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran yang menggunakan sistem pembelajaran
student-centered learning. Banyak faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar
salah satunya adalah kesejahteraaan mahasiswa yang memiliki cakupan luas
termasuk di dalamnya kondisi psikologis.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara psychological well-being dan kemandirian
belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik
melalui pendekatan cross sectional dengan responden Mahasiswa FK UII.
Terdapat 317 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data
penelitian diperoleh dari pengisian bentuk kuesioner Ryff’s Psychological Well Being Scale dan Self-Directed Learning Readiness Scale yang berbahasa
Indonesia. Analisis data univariat dilakukan untuk mengetahui deskripsi
karakteristik, tingkat psychological well-being serta kemandirian belajar
responden. Untuk mengetahui hubungan antar variabel, dilakukan analisis bivariat
menggunakan uji chi-square.
Hasil: Dalam penelitian ini, diketahui 69,4% responden memiliki psychological
well-being sedang, 29,7% memiliki psychological well-being tinggi serta 0,9%
memiliki psychological well-being rendah. Kemandirian belajar responden
cenderung baik, 74,8% memiliki kemandirian belajar tinggi, 25,2% memiliki
kemandirian belajar sedang, serta tidak ada responden penelitian yang memiliki
kemandirian belajar rendah. Terdapat hubungan yang bermakna antara
psychological well-being dan kemandirian belajar mahasiswa FK UII dengan
tingkat korelasi moderat (p value: 0,000; r: 0,352).
Kesimpulan: Adanya hubungan positif antara psychological well-being dan
kemandirian belajar dikarenakan psychological well-being yang tinggi akan
menciptakan suatu keyakinan akan kemampuan suatu individu dalam upaya untuk
berkembang sehingga dapat megoptimalkan kemandirian belajarnya.
Collections
- Medical Education [2398]