Show simple item record

dc.contributor.advisorAndhika Giri Persada, S.Kom., M.Eng.
dc.contributor.authorLANDUNG JIWANGGA
dc.date.accessioned2022-10-27T02:07:20Z
dc.date.available2022-10-27T02:07:20Z
dc.date.issued2022-07-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39982
dc.description.abstractProses jual beli produk pertanian yang umum terjadi yaitu dari petani menyetorkan ke tengkulak lalu setelah itu dari tengkulak menjual ke konsumen melalui pasar tradisional. Kemudian dari sisi konsumen pada umumnya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari akan melakukan transaksi melalui pasar tradisional ataupun melalui pasar modern. Dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini, salah satu usahanya adalah dengan merancang marketplace di bidang pertanian. Marketplace dapat menjadi alternatif untuk para petani sebagai media untuk penjualan serta dapat mempersingkat rantai distribusi yang ada pada pemasaran hasil dari pertanian. Adapun manfaat yang dapat dirasakan oleh petani maupun konsumen yaitu dari segi harga yang di tawarkan ke konsumen akan dapat lebih terjangkau sehingga penjualan hasil pertanian dapat lebih meningkat dan menguntungkan bagi petani. Dengan menggunakan design thinking penulis termotivasi untuk memahami kebutuhan pengguna secara spesifik sehingga proses perancangan dapat sesuai dengan yang dibutuhkan serta membantu pengguna dalam mencapai tujuannya. Pada penelitian ini metode design thinking terdiri dari beberapa proses diantaranya yaitu memahami pengguna (emphatise) yang memiliki tiga proses diantaranya adalah observasi, wawancara, dan emphaty map. Tahapan kedua yaitu analisis kebutuhan (define) yang memiliki dua proses diantaranya adalah persona dan kebutuhan pengguna. Tahapan ketiga yaitu analisis solusi (ideate) yang memiliki satu proses diantaranya adalah value proposition. Tahapan keempat yaitu perancangan (prototype) yang memiliki dua proses diantaranya adalah alur marketplace dan Hi-Fi prototype. Tahapan kelima yaitu pengujian (test) yang memiliki dua proses diantaranya adalah usability testing dan feedback capture matrix. Berdasarkan hasil dari pengujian usability testing yang telah dilakukan, desain interaksi marketplace penjualan hasil tani telah menghasilkan desain interaksi yang mudah digunakan dan disukai oleh pengguna. Selain itu pengujian juga dilakukan menggunakan feedback capture matrix yang meghasilkan 4 poin utama yaitu nilai positif, kritik, pertanyaan, dan ide baru dari pengguna. Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain interaksi marketplace penjualan hasil tani yang telah dibuat dapat diterima oleh pengguna.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectdesign thinkingen_US
dc.subjectdesain interaksien_US
dc.subjectmarketplace penjualan hasil tanien_US
dc.titleDesain Interaksi Marketplace Penjualan Hasil Tani Menggunakan Metode Design Thinkingen_US
dc.Identifier.NIM15523185


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record