Strategi Pemasaran Kopi Sapuangin Merapi Menggunakan Analisis STP, Marketing Mix, dan SOAR
Abstract
Kopi Sapuangin Merapi adalah UMKM yang bergerak dalam produksi dan
pemasaran kopi lokal. Permasalahan yang terjadi di Kopi Sapuangin Merapi yaitu
perluasan pemasaran yang masih sempit, hanya mencakup Desa Tegalmulyo dan
sekitarnya saja. Sedangkan target yang ingin dicapai Kopi Sapuangin Merapi
yakni mengembangkan bisnisnya dengan memperluas jangkauan pemasaran. Oleh
karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan hasil Segmenting,
Targeting, Positioning, dan Marketing Mix pada Kopi Sapuangin Merapi serta
memberikan usulan strategi melalui analisis SOAR. Model penelitian ini yaitu
deskriptif – kualitatif, yang menitikberatkan pada strategi pemasaran Kopi
Sapuangin Merapi. Variabel penelitian ini yaitu Independent dan Dependent,
dengan sumber Data Primer dan Data Sekunder. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan kajian literatur. Berdasarkan penelitian
yang dilakukan, Segmenting Kopi Sapuangin Merapi dikelompokkan berdasarkan
segmentasi geografis, demografis, psikografis, dan tingkah laku. Targeting-nya
yaitu para penikamat kopi dan orang-orang yang datang secara rombongan.
Positioning-nya yaitu memasarkan kopi dengan cita rasa yang khas dalam upaya
mengembangkan dan memajukan daerah Sapuangin. Pengaplikasian Marketing
Mix yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan
Physical Evidence dari Kopi Sapuangin Merapi diintegrasikan dengan strategi
Segmenting, Targeting, dan Positioning-nya. Hasil analisis SOAR berupa usulan
strategi pemasaran yang bisa diterapkan Kopi Sapuangin Merapi dalam upaya
meningkatkan pemasarannya.
Collections
- Industrial Engineering [2240]