Tanggung Jawab Siswa Kelas VIII Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah
Abstract
Pelaksanaan sistem pembelajaran daring pada peserta didik selama pandemi covid-19
dinilai masih belum berjalan secara optimal. Pemberian tugas portofolio kepada siswa di masa
pandemik merupakan salah satu pembelajaran yang efektif, nilai karakter tanggung jawab
merupakan suatu proses utama yang perlu diperhatikan pada saat proses pembelajaran daring.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tanggung jawab siswa kelas VIII dalam proses
pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Terbanggi Besar Lampung
Tengah di era pandemic covid-19.
Jenis penelitian ini yaitu kualtiatif dengan metode pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini
yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di era pandemi tidak semua siswa memiliki sikap tanggung jawab selama
mengikuti pembelajaran daring. Adapun hasil penelitian ini menyatakan bahwa adanya 8
indikator tanggung jawab yang sesuai ketika proses pembelajaran daring berlangsung. Proses
meningkatkan tanggung jawab siswa dilakukan secara holistik dan terintegrasi melalui
pemberian motivasi , peraturan kelas, penyampaian materi pelajaran, diskusi kelompok, dan
kegiatan refleksi.