Show simple item record

dc.contributor.authorDIFA FATWA FADLILLAH
dc.date.accessioned2022-09-15T08:33:04Z
dc.date.available2022-09-15T08:33:04Z
dc.date.issued2022-06-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39285
dc.description.abstractResiliensi akademik adalah kemampuan bertahan, beradaptasi dan mengatasi kesulitan oleh individu dalam konteks akademik seperti stress, tuntutan akademik, dan tekanan belajar. Resiliensi ini penting untuk dimiliki siswa agar siswa mampu menentukan tujuan, gigih dalam mencapai tujuan dan bersikap optimis. Tawakal adalah perbuatan dimana individu menyerahkan segala urusan kepada Allah setelah melakukan usaha atau ikhtiar. Individu yang bertawakal akan merasakan teguh hati, jiwa yang tenang dan tenteram ketika ditimpa kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara tawakal dan resiliensi akademik pada siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan teknik pengumpulan data purposive sampling. Adapun alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Resiliensi Akademik (Hardiansyah dkk., 2020) dan Skala Tawakal kepada Allah (Sartika & Kurniawan, 2015). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara resiliensi akademik dan tawakal dengan koefisien korelasi sebesar 0,331 dan sumbangan efektif (R²) sebesar 0,115.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectresiliensi akademiken_US
dc.subjectsiswa SMAen_US
dc.subjecttawakalen_US
dc.titleTawakal Dan Resiliensi Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Atas: Sebuah Studi Korelasionalen_US
dc.Identifier.NIM18320253


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record