Show simple item record

dc.contributor.advisorThobagus Mohammad Nu’man, S.Psi., MA.,
dc.contributor.authorANNISA AQILAH RAHMANIA
dc.date.accessioned2022-09-15T08:25:43Z
dc.date.available2022-09-15T08:25:43Z
dc.date.issued2022-06-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39283
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan Generasi Z dalam menghadapi dunia kerja terhadap kemampuannya melalui peran aspirasi karir yang dimediasi oleh personal branding. Generasi Z adalah individu yang melek teknologi dengan ciri memiliki nilai-nilai yang kuat dan suka dengan pekerjaan yang menantang. Generasi Z memiliki tantangan di mana persaingan yang ketat dan kurangnya pembelajaran keterampilan yang relevan dapat membuat individu merasa tidak yakin dengan kemampuan mereka untuk bersaing di pasar tenaga kerja. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan tiga alat ukur yang meliputi skala aspirasi karir (α=.873, O'Brien & Kim, 2016), skala self-perceived employability (α=.763, Rothwell & Arnold, 2007), dan skala personal branding (α=.876, Gorbatov et.al., 2019). Subyek penelitian ini merupakan mahasiswa akhir Generasi Z usia kerja 1925 tahun (n = 287; M = 21.53, SD = 1.2 , 41 laki-laki dan 246 perempuan). Subjek terdiri dari individu yang memiliki pengalaman bekerja magang (n = 160), paruh waktu (n = 76), dan penuh waktu (n = 51). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara aspirasi karir dan self-perceived employability melalui personal branding, namun aspirasi karir dan self-perceived employability masih dapat berhubungan langsung tanpa adanya mediasi. Selain itu, ditemukan juga bahwa aspirasi karir dapat mempengaruhi tingkat personal branding, seperti halnya personal branding juga dapat mempengaruhi tingkat self-perceived employability individu. Temuan penelitian ini dapat bermanfaat sebagai referensi di masa mendatang pada penelitian terkait karir.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSelf-Perceived Employabilityen_US
dc.subjectPersonal Brandingen_US
dc.subjectGeneration Zen_US
dc.titleHubungan Antara Aspirasi Karir Dan Self-Perceived Employability Melalui Personal Branding Pada Generasi Z Usia Kerjaen_US
dc.Identifier.NIM18320104


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record