dc.contributor.advisor | Andhika Giri Persada, S.Kom., M.Eng. | |
dc.contributor.author | ASSYIFA NARULITA | |
dc.date.accessioned | 2022-09-14T06:37:21Z | |
dc.date.available | 2022-09-14T06:37:21Z | |
dc.date.issued | 2022-05-08 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39221 | |
dc.description.abstract | Pengabdian masyarakat merupakan sebuah upaya untuk membantu permasalahan yang
terjadi di tengah masyarakat dengan berbagai macam pendekatan dan luaran solusi serta tidak
pada terbatas pada area cakupannya, termasuk teknologi. Dalam hal ini pengabdian
masyarakat yang dilakukan memiliki mitra kolaborasi, yaitu komunitas Kantong Pintar yang
merupakan komunitas aktif di masyarakat pada bidang Pendidikan. Berdiri sejak tahun 2015,
Kantong Pintar kini memiliki 14 anggota aktif dan program-program yang menarik. Pada
observasi yang dilakukan terhadap komunitas Kantong Pintar, penulis menemukan
permasalahan komunitas Kantong Pintar, yaitu minimnya informasi yang dapat diakses oleh
masyarakat melalui internet yang berakibat komunitas ini kesulitan untuk merekrut
sukarelawan atau sumber daya manusia untuk membantu menjalankan program-program
mereka. Berangkat dari situ, penulis mengajukan solusi untuk merancang desain antarmuka
website komunitas Kantong Pintar sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan upaya
untuk komunitas Kantong Pintar rebranding yang bertujuan untuk memperkuat citra
komunitas Kantong Pintar sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat luas akan kehadiran
komunitas Kantong Pintar. Perancangan desain antarmuka menggunakan metode
Prototyping-Cycle Development dan diuji kegunaannya menggunakan metode Cognitive
Walkthrough dan Heuristic Evaluation yang mana hasilnya dijadikan indikator keberhasilan
pengabdian masyarakat sebelum dan sesudah penerapan solusi. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | komunitas | en_US |
dc.subject | Desain Antarmuka | en_US |
dc.subject | Website | en_US |
dc.subject | Prototyping-Cycle Development | en_US |
dc.subject | Cognitive Walkthrough | en_US |
dc.subject | Heuristic Evaluation | en_US |
dc.title | Perancangan Antarmuka Website Komunitas Kantong Pintar Sebagai Upaya Rebranding | en_US |
dc.Identifier.NIM | 16523145 | |