Show simple item record

dc.contributor.advisorHusein Mubarok, S.T.,M.Eng.
dc.contributor.advisorIftitah Imawati, S.T.,M.Eng.
dc.contributor.authorADRIAN MAULANA
dc.contributor.authorKEYMAS PUJIANTO PRATAMA
dc.date.accessioned2022-09-13T07:44:22Z
dc.date.available2022-09-13T07:44:22Z
dc.date.issued2022-05-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39203
dc.description.abstractPengguna sepeda pada zaman sekarang sangat banyak, hal ini karena sepeda merupakan moda transportasi yang menyehatkan. Dijaman sekarang juga sudah banyak pengguna sepeda listrik yang mana sepeda listrik ini memudahkan mobilitas seseorang untuk bepergian. Namun, sebagian besar pengisian baterai sepeda listrik ini masih menggunakan sumber daya yang berasal dari listrik umum atau listrik PLN. Hal ini mengingat bahwa sumber dari listrik PLN ini sebagian besar masih berasal dari batu bara. Oleh karena itu, terdapat peluang yang baik apabila sumber daya untuk pengisian baterai sepeda listrik ini berasal dari panel surya. Hal ini dapat menjadi suatu keuntungan yang banyak apabila alat ini berhasil dibuat. Beberapa keuntungan yaitu ramah terhadap lingkungan, hemat biaya listrik, dan kemudahan pengisian yang sama dengan menggunakan listrik PLN yaitu tinggal menyambungkan adaptor ke stop kontak. Beberapa dalam perancangan alat ini memiliki ketidaksesuaian antara usulan solusi dan realisasinya. Contohnya seperti power inverter, SCC (Solar Charge Controller), desain pondasi dan tempat panel surya, serta jenis baterai cadangan yang digunakan. Namun sumber daya dari alat pengisian ini sangat bergantung dari intensitas cahaya matahari yang diterima. Setelah alat selesai dirancang, maka dilakukan proses pengujian yang mana pengujian ini dilakukan untuk mendapatkan nilai arus, tegangan, dan daya dari panel surya, baterai cadangan, dan dari keluaran power inverter saat dihubungkan ke beban pengisian baterai sepeda listrik. Setelah dilakukan pengujian maka daya dan arus panel surya serta tegangan sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari. Dilakukan 2 kondisi pengujian yaitu saat cuaca cerah dan saat cuaca berawan. Keduannya menghasilkan keluaran arus dan daya yang berbeda pada panel surya. Selanjutnya pengujian pada arus yang mengalir dari power inverter ke baterai sepeda listrik melalui adaptor. Arus yang mengalir ini diukur dengan clamp meter sebanyak 10 kali pengukuran yang menghasilkan rata – rata arus sebesar 1,58 A. Selanjutnya dilakukan pengujian untuk mengetahui arus, tegangan, dan daya baterai cadangan selama proses pengisian selama 2 jam dengan selang waktu 15 menit untuk pengambilan data. Selama 2 jam, baterai cadangan terisi penuh dengan arus yang terukur kecil saat berawan dan arus yang terukur besar saat cuaca terik. Dan pengujian terakhir yaitu melakukan pengukuran arus adaptor dan kapasitas baterai sepeda listrik dengan selang waktu 15 menit untuk pengambilan data. Selain itu, dilakukan untuk mengetahui seberapa tahan power inverter dan baterai cadangan. Dari keseluruhan hasil yang didapat, maka dapat diketahui lama pengisian baterai cadangan dan baterai sepeda listrik. Alat ini diharapkan dapat memiliki dampak positif terhadap sosial, ekonomi, lingkungan, dan budaya dikarenakan manfaat yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.titleBacistikbel : Battery Charger Sepeda Listrik Berbasis Panel Suryaen_US
dc.Identifier.NIM18524151
dc.Identifier.NIM18524054


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record