Show simple item record

dc.contributor.advisorBeni Suranto, S.T., M.SoftEng
dc.contributor.authorDESTA DEVIANI PRAMANA
dc.date.accessioned2022-09-08T08:09:09Z
dc.date.available2022-09-08T08:09:09Z
dc.date.issued2022-06-09
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39123
dc.description.abstractPerubahan pada dunia terjadi akibat wabah COVID-19 tidak terkecuali Indonesia mengalami dampak yang cukup besar terhadap ekonominya. Salah satu pendorong ekonomi Indonesia yaitu UMKM tidak luput dari dampak wabah COVID-19. Banyak pelaku UMKM mengalami penurunan penjualan dan kehilangan pembeli. Adapun permasalah ini dapat diatasi dengan perbelanjaan online. Kebiasaan pembeli yang membeli secara langsung berubah menjadi perbelanjaan online melalui beberapa e-commerce. Namun masalah lain muncul ketika pelaku UMKM kalah saing dengan produk luar yang menawarkan harga lebih murah. Persaingan ini menjadi tidak sehat sehingga pelaku UMKM berharap ada persaingan yang lebih sehat terutama sesama pelaku UMKM. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan UX Writing. UX Writing dipilih untuk mendekatkan pengguna dengan aplikasi sehingga pengguna mendapatkan pengalaman lebih saat berbelanja. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan beberapa tahapan pengembangan interface dari aplikasi. Permasalahan dari pengguna dikumpulkan ke dalam emphaty map dan user persona sehingga memudahkan dalam perancangan. Kesimpulan dari penilitian ini adalah perancangan sebuah aplikasi jual beli khusus bagi produk-produk lokal Indonesia berbasis mobile dengan menggunakan pendekatan dari UX Writing sehingga dapat memberikan pengalaman lebih kepada pengguna.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectUX Writingen_US
dc.subjectUMKM, interfaceen_US
dc.titlePerancangan Aplikasi Umkm Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Tengah Situasi Pandemien_US
dc.Identifier.NIM15523002


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record