Show simple item record

dc.contributor.advisorRahadian Kurniawan, S.Kom., M.Kom
dc.contributor.authorRADEN BAGOES YUDHA RANGGA SANJAYA
dc.date.accessioned2022-08-23T02:34:26Z
dc.date.available2022-08-23T02:34:26Z
dc.date.issued2022-02-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38797
dc.description.abstractADHD (Attention deficit hyperactivity disorder) merupakan salah satu behavioral disorders yang paling umum di masa kanak-kanak. ADHD merupakan gangguan yang membuat penderitanya menjadi sangat aktif, keluhan lain yang dialami penderita ADHD yaitu gelisah, tidak bisa diam, dan kurangnya atensi terhadap kegiatan atau aktivitas yang dilakukan. ADHD dapat dibedakan menjadi tiga subtipe yaitu ADHD subtipe 1 yaitu gangguan pemusatan perhatian (Inattention) tanpa adanya hiperaktivitas (Hyperactive) dan impulsivitas (Impulsive), ADHD subtipe 2 gangguan hiperaktivitas dan impulsivitas tanpa gangguan pemusatan perhatian, dan ADHD subtipe 3 merupakan kombinasi (Combination) dari gangguan pemusatan perhatian, hiperaktivitas dan impulsivitas. Oleh karena itu dikembangkanlah Game serius Taji Adee The Diad Tee yang dibuat dan didesain seapik mungkin agar dapat meningkatkan kemampuan fokus pada anak ADHD. Game serius adalah salah satu bentuk video game yang dapat menunjang proses belajar- mengajar dengan lebih menyenangkan, kreatif, dan menarik perhatian agar tidak membosankan bagi anak ADHD. Konsep bermain sambil belajar sangat cocok untuk anak ADHD, karena game serius dapat memberikan entertainment untuk meningkatkan daya tarik serta menghibur sehingga membentuk sebuah pengalaman yang seru. Berdasarkan hasil kajian literatur penggunaan video game untuk anak ADHD, telah banyak penelitian yang merancang game serius sebagai media pembelajaran untuk anak ADHD dan terbukti memberikan banyak nilai positif. Pemanfaatkan game serius untuk anak ADHD dapat melatih kemampuan atensi dan fokus mereka yang secara tidak langsung dapat meningkatkan performa belajar. Game serius bisa memberikan konsep simulasi belajar yang membantu mereka untuk fokus dan termotivasi untuk melakukan suatu kegiatan seperti yang dilakukan pada video game COMAC. Hasil dari tinjauan pustaka yang telah penulis lakukan menunjukkan bahwa penggunaan game serius untuk meningkatkan atensi pada anak ADHD terbukti relevan, game serius dapat menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan fokus dan membantu proses belajar mereka.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectGame Seriusen_US
dc.subjectADHDen_US
dc.titlePengembangan Game Serius Platformer Adventure Untuk Meningkatkan Kemampuan Fokus Anak Adhden_US
dc.Identifier.NIM17523200


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record