dc.description.abstract | Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian mencatat bahwa laju pertumbuhan
industri bertambah setiap tahunnya. Peningkatan laju pertumbuhan industri garmen yang
menyebabkan persaingan ekspor pada tahun 2019 mencapai US$12,89 dengan periode
Januari-Juli 2020 menembus US$6,15 miliar. Selain itu, industri garmen Indonesia telah
menyerap lebih dari 3,6 juta tenaga kerja. Hal ini menunjukkan bahwa industri garmen
memiliki peluang bisnis yang besar. PT. Globalindo Intimates merupakan perusahaan
garmen yang berada di daerah Klaten, Jawa Tengah. Produk yang dihasilkan yaitu Ladies
Underware, Men’s underwaer, Lingerie, Sport Bra, Camisole, Corset Slim. Perusahaan
industri garmen dalam negeri belum cukup mampu untuk kembali mendorong ekspansi
ekspor karena masih rendahnya produktivitas karena faktor teknologi, mesin, serta
kualitas dan kompetensi SDM. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan agar
mencapai strategi bisnis yang diinginkan sekaligus dapat meningkatkan kinerja
perusahaan dengan menggunakan empat perspektif balanced scorecard yaitu finansial,
pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan. Dari hasil penelitian
pada probability impact matrix, terdapat 5 risiko dan mitigasi pada tingkat tertinggi yaitu
level extreme, yaitu RF4 tidak lancarnya aliran kas yang cukup dengan mitigasi
melakukan analisis biaya pengeluaran perusahaan. RP1 kerusakan produk dengan
mitigasi pengemasan produk dengan teliti dan menggunakan bahan yang kuat serta
berkualitas. RPB2 kerusakan mesin yang berkelanjutan dengan mitigasi melakukan
pengecekan mesin secara rutin dan melakukan perbaikan/mengganti mesin langsung.
RPP1 melanggar SOP yang berlaku dengan mitigasi kewajiban mutlak mematuhi SOP
dan memberikan sanksi jika melanggar. RPP6 jam kerja melebihi batas ketentuan kerja
dengan mitigasi melakukan pekerjaan sesuai jam kerja yang berlaku serta
mempertimbangkan kondisi pekerja jika lembur. PT. Globalindo Intimates masih
memerlukan beberapa mitigasi risiko agar membantu tercapainya strategi bisnis yang
sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Pemantauan terhadap KPI juga berfungsi untuk
membantu pencapaian target perusahaan pada setiap perspektif balanced scorecard. | en_US |