Hubungan Antara Koping Religius dan Keterlibatan Siswa Terhadap Stres Akademik pada Siswa SMA/MA Boarding School Selama Pandemi Covid-19
Abstract
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara statistik dan ilmiah hubungan antara
koping religius dan keterlibatan siswa dengan stres akademik pada siswa di
asrama – sekolah menengah atas selama era pandemi covid-19. Hipotesis yang
diajukan pada penelitian ini terdiri dari satu hipotesis mayor dan dua hipotesis
minor. Penelitian ini terdiri dari 133 siswa tingkat menegah atas asrama yang
sedang belajar online. Penelitian ini diukur menggunakan skala Educational
Stress Scale for Adolescents (ESSA) yang diadaptasi dari Amalia (2021), skala
Iranian Religious Coping Scale (IRCOPE) yang diadaptasi dari Aflakseir dan
Coleman (20l1), dan School Engagement Measure yang diadaptasi dari Fredricks,
Blumenfeld, Friedel, dan Paris (2003). Pengolahan data menggunakan metode
analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS version 24.0 for windows. Secara
simultan, hasil analisis data menunjukkan nilai sig (p = 0,017) dan nilai F = 4.179.
Oleh karna itu, dapat diartikan koping religious positif dan keterlibatan siswa
memiliki pengaruh terhadap stres akademik. Nilai R square yaitu sebesar 0,060
yang berarti bahwa pengaruh koping religius positif dan keterlibatan siswa secara
simultan terhadap stres akademik adalah sebesar 6%. Secara parsial, diketahui
bahwa tidak ada hubungan antara koping reigius (positif) terhadap stres akademik
tetapi ada hubungan negatif antara keterlibatan siswa terhadap stres akademik. Hal
tersebut diketahui dari nilai sig pada variabel koping religius positif sebesar p =
0,433 dan variabel keterlibatan siswa sebesar p = 0,035. Sedangkan nilai t hitung
pada variabel koping religius positif sebesar -0,787 dan keterlibatan siswa sebesar
-2,128.
Collections
- Psychology [2270]