dc.contributor.advisor | Affan Mahtarami, S.Kom., MT. | |
dc.contributor.author | Abdurrahman Ikhsan, Radifan | |
dc.date.accessioned | 2017-11-01T01:24:46Z | |
dc.date.available | 2017-11-01T01:24:46Z | |
dc.date.issued | 2016-08-03 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/3846 | |
dc.description.abstract | Anak-anak penyandang tuna rungu memiliki kekurangan atau kehilangan dalam
pendengaran yang mengakibatkan hambatan pada bahasa dan bicara. Saat belajar
anak-anak penyandang tuna rungu mengalihkan indera pendengaran mereka pada
indera pengelihatan tetapi pada umumnya sekolah luar biasa tuna rungu jarang
sekali mempunyai media pembelajaran visual yang menunjang indera pengelihatan
mereka, hal ini membuat proses belajar mengajar menjadi kurang maksimal.
Langkah pertama adalah mencari informasi mata pelajaran yang memerlukan
visualisasi dengan metode observasi serta wawancara pada sekolah tuna rungu yaitu
SDLB B Karnnamanohara Sleman, Yogyakarta, kemudian mencari metode
komunikasi yang digunakan pada SDLB B Karnnamanohara, bentuk media
pembelajaran berupa game edukasi agar materi dapat mudah diterima. Game
edukasi yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan materi serta
diujicobakan kepada 10 siswa kelas IV SDLB B Karnnamanohara.
Berdasarkan hasil penelitian pengujian Game Edukasi Sebagai Media Bantu
Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas IV
SDLB B Karnnamanohara Sleman Yogyakarta ini dapat diambil kesimpulan bahwa
game edukasi sangat layak digunakan. Hal ini terbukti pada uji coba kelompok
besar satu kelas dengan nilai persentase Sangat Setuju 24,20%, Setuju 37,90%,
Cukup 30%, Tidak Setuju 5% dan Sangat Tidak setuju 2,90%. Dari hasil tersebut
menunjukkan bahwa game edukasi sangat menarik, mendorong rasa ingin tahu
siswa untuk lebih giat dalam belajar serta menambah pemahaman materi Ilmu
Pengetahuan Alam | id |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | id |
dc.subject | Anak penyandang tuna rungu | id |
dc.subject | Game edukasi | id |
dc.subject | Media pembelajaran | id |
dc.title | Game Edukasi Sebagai Media Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Iv Sdlb B Karnnamanohara Sleman Yogyakarta | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |