Kepuasan Kerja sebagai Mediator Hubungan Employer Brand dengan Turnover Intention pada Karyawan Startup
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan employer brand dengan
turnover intention yang dimediasi oleh kepuasan kerja pada karyawan startup.
Bekerja dalam perusahaan startup memaksa karyawan untuk bekerja dalam jam
kerja yang lebih lama, suasana yang lebih cepat, dan mengalami lebih banyak stres
jika dibandingkan dengan perusahaan kompetitor yang berjalan lebih “lambat”. Hal
ini dapat menjadi faktor menyebabkan tingginya tingkat turnover intention pada
karyawan startup. Beberapa literatur menyebutkan tingkat turnover intention dapat
diturunkan dengan meningkatkan kepuasan kerja dengan employer brand, yang
pada gilirannya akan menurunkan tingkat turnover intention. Penelitian ini
melibatkan 122 karyawan strat-up yang berusia 19 sampai 40 tahun. Metode
analisis data menggunakan analisis mediasi dengan Process versi 4.0 for SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan kepuasan kerja mampu memberikan efek mediasi
dalam hubungan employer brand dengan turnover intention dengan nilai LLCI= 0,5248
dan
ULCI=
-0,2534,
serta
efek
mediasi
sebesar
-0,3818.
Collections
- Psychology [2176]