Show simple item record

dc.contributor.advisorIrfan Aditya Dharma, S.T., M.Eng., Ph.D.
dc.contributor.authorMUH LUQMAN KHAKIM
dc.date.accessioned2022-08-09T08:11:03Z
dc.date.available2022-08-09T08:11:03Z
dc.date.issued2022-04-14
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38305
dc.description.abstractKereta langsir adalah sarana perkeretaapian yang memiliki penggerak sendiri, yang bergerak dan digunakan untuk menarik dan atau mendorong kereta, gerbong, dan/atau peralatan khusus. Underframe merupakan salah satu bagian yang penting dalam kereta api karena berperan sebagai pondasi yang akan menopang bebanbeban yang ada di atasnya. Maka dari itu, struktur underframe kereta diharuskan memenuhi syarat tertentu agar kuat menopang beban-beban yang diterima. Standar yang dipakai untuk underframe kereta langsir ini adalah Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM. 44 Tahun 2010 Tentang Standar Spesifikasi Teknis Peralatan Khusus. Analisis tegangan struktur pada penelitian ini menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan perangkat lunak Ansys Mechanical APDL. Existing design yang dianalisis ternyata belum sesuai standar yang disyaratkan sehingga perlu dilakukan optimasi pada desain tersebut. Optimasi dilakukan dengan mengubah geometri, menebalkan pelat, hingga menambahkan konstruksi baru untuk memperkuat struktur. Optimized Design juga dianalisis untuk memverifikasi bahwa desain tersebut sudah memenuhi standar. Hasil dari analisis tersebut menyatakan bahwa Optimized Design telah memenuhi standar yang disyaratkan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetode Elemen Hinggaen_US
dc.subjectUnderframe Keretaen_US
dc.subjectAnalisis Teganganen_US
dc.subjectOptimasi Desainen_US
dc.subjectKereta Langsiren_US
dc.titleAnalisis Dan Optimasi Desain Underframe Kereta Langsir Di Pt Inka (Persero) Menggunakan Metode Elemen Hinggaen_US
dc.Identifier.NIM18525077


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record