Hubungan antara Keterlibatan Mahasiswa dan Prestasi Akademik dalam Pembelajaran Daring
dc.contributor.author | Allif, Yazeed | |
dc.date.accessioned | 2022-08-09T07:07:34Z | |
dc.date.available | 2022-08-09T07:07:34Z | |
dc.date.issued | 2022-03-08 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/38289 | |
dc.description.abstract | Penelitian mengenai hubungan antara keterlibatan mahasiswa dan prestasi akademik telah banyak diteliti, namun belum ada yang meneliti secara spesifik mengenai hubungan antara keterlibatan mahasiswa dan prestasi akademik dalam konteks pembelajaran daring. Hasil dari penelitian-penelitian sebelumnya menunjukan bahwa bagi mahasiswa keterlibatan merupakan salah satu unsur penting dalam meningkatkan prestasi akademik. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui, memperluas dan memperbarui penelitian yang telah dilakukan dengan hipotesis bahwa ada hubungan yang positif antara keterlibatan mahasiswa dan prestasi akademik dalam pembelajaran daring yang dilakukan oleh mahasiswa. Partisipan sebanyak 150 responden yang telah memenuhi kriteria dalam penelitian ini telah mengisi kuisioner yang disebarkan. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Online Student Engagement (OSE) oleh Dixon yang telah ditranslasi kedalam bahasa Indonesia. Hasil dari analisis yang telah dilakukan menunjukan bahwa keterlibatan mahasiswa berhubungan positif dengan prestasi akademik dengan signifikan dalam pembelajaran daring. Hasil analisis juga menunjukan bahwa aspek kinerja (performance) dalam keterlibatan mahasiswa merupakan aspek yang memiliki hubungan terbesar dengan tingkat prestasi akademik mahasiswa dalam pembelajaran daring. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | keterlibatan mahasiswa | en_US |
dc.subject | prestasi akademik | en_US |
dc.subject | pembelajaran daring | en_US |
dc.subject | mahasiswa | en_US |
dc.title | Hubungan antara Keterlibatan Mahasiswa dan Prestasi Akademik dalam Pembelajaran Daring | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Files in this item
Files | Size | Format | View |
---|---|---|---|
There are no files associated with this item. |
This item appears in the following Collection(s)
-
Psychology [2270]