KONTROL DIRI DAN KECENDERUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWI PENGGUNA MEDIA SOSIAL TIKTOK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris hubungan kontrol diri
dan pembelian impulsif pada mahasiswi pengguna media sosial Tiktok. Hipotesis
dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dan
kecenderungan pembelian impulsif pada mahasiswi pengguna media sosial Tiktok.
Responden penelitian ini berjumlah 321 subjek dengan kriteria mahasiswi aktif,
berusia 17-24 tahun, perempuan dan menggunakan media sosial Tiktok. Skala yang
digunakan adalah Brief Self Control Scale (BSCS) dan Impulse Buying Tendence.
Data dianalisis menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kontrol diri dan kecenderungan pembelian impulsif memiliki korelasi
negatif dengan nilai signifikan 0,000 (p<0,05)artinya hipotesis diterima. Lebih
lanjut, kontrol diri mampu memberikan sumbangan efektif sebesar 18% terhadap
kecenderungan pembelian impulsif.
Collections
- Psychology [2173]