Show simple item record

dc.contributor.advisorMira Aliza Rachmawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog
dc.contributor.authorMARDIAH
dc.date.accessioned2022-08-02T08:53:16Z
dc.date.available2022-08-02T08:53:16Z
dc.date.issued2022-02-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38069
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji secara statistik dan ilmiah hubungan antara koping religius dan keterlibatan siswa dengan stres akademik pada siswa di asrama – sekolah menengah atas selama era pandemi covid-19. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini terdiri dari satu hipotesis mayor dan dua hipotesis minor. Penelitian ini terdiri dari 133 siswa tingkat menegah atas asrama yang sedang belajar online. Penelitian ini diukur menggunakan skala Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) yang diadaptasi dari Amalia (2021), skala Iranian Religious Coping Scale (IRCOPE) yang diadaptasi dari Aflakseir dan Coleman (20l1), dan School Engagement Measure yang diadaptasi dari Fredricks, Blumenfeld, Friedel, dan Paris (2003). Pengolahan data menggunakan metode analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS version 24.0 for windows. Secara simultan, hasil analisis data menunjukkan nilai sig (p = 0,017) dan nilai F = 4.179. Oleh karna itu, dapat diartikan koping religious positif dan keterlibatan siswa memiliki pengaruh terhadap stres akademik. Nilai R square yaitu sebesar 0,060 yang berarti bahwa pengaruh koping religius positif dan keterlibatan siswa secara simultan terhadap stres akademik adalah sebesar 6%. Secara parsial, diketahui bahwa tidak ada hubungan antara koping reigius (positif) terhadap stres akademik tetapi ada hubungan negatif antara keterlibatan siswa terhadap stres akademik. Hal tersebut diketahui dari nilai sig pada variabel koping religius positif sebesar p = 0,433 dan variabel keterlibatan siswa sebesar p = 0,035. Sedangkan nilai t hitung pada variabel koping religius positif sebesar -0,787 dan keterlibatan siswa sebesar -2,128.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStres Akademiken_US
dc.subjectKoping Religiusen_US
dc.subjectKeterlibatan Siswaen_US
dc.subjectTingkat Menengah Atasen_US
dc.subjectAsramaen_US
dc.subjectPembelajaran Onlineen_US
dc.titleHubungan Antara Koping Religius Dan Keterlibatan Siswa Terhadap Stres Akademik Pada Siswa Sma/Ma Boarding School Selama Pandemi Covid-19en_US
dc.Identifier.NIM16320069


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record