Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Sri Haningsih, M.Ag
dc.contributor.authorGRAWITA CANDRA APRILYA DWI PUTRI
dc.date.accessioned2022-06-23T01:34:34Z
dc.date.available2022-06-23T01:34:34Z
dc.date.issued2022-02-02
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37868
dc.description.abstractSemenjak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia memberikan dampak yang besar baik bidang sosial, budaya, ekonomi, bahkan pendidikan. Tidak terlepas dari itu, maka pemerintah mengeluarkan kebijakan terutama pada bidang pendidikan untuk melaksanakan proses belajar dilakukan secara online/ daring. Di Indonesia, penerapan pembelajaran daring sudah dilaksanakan sejak bulan Maret 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan dan seberapa besar hubungan antara pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Ngaglik Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner), dan dokumentasi. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Ngaglik Sleman yang berjumlah 118 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Pearson Product Moment dengan menggunakan program SPSS versi 26. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 4 Ngaglik Sleman. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil perhitungan menggunakan bantuan program SPSS versi 26 yang diperoleh nilai signifikansi (Sig.) lebih besar > dari nilai probabilitas 0,05 yaitu sebesar 0,083 (p=0,083 > 0,05). Berdasarkan hasil r hitung pun demikian, dengan diperoleh nilai sebesar 0,274. Hasil tersebut dikonsultasikan pada r tabel dengan N 41 pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 0,308. Menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% nilai r tabel lebih besar > daripada r hitung. Sehingga hipotesis penelitian ini adalah Ho diterima dan Ha ditolak.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPembelajaran daringen_US
dc.subjectPrestasi belajaren_US
dc.titleHubungan Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 4 Ngaglik Slemanen_US
dc.Identifier.NIM17422019


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record