Investigasi Pengaruh Merger Bank Syariah Indonesia (Bsi) Terhadap Niat Konsumen Muslim Menjadi Nasabah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh mergernya Bank Syariah
Indonesia (BSI) terhadap niat konsumen Muslim menjadi nasabah. Sampel dalam
responden ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria
konsumen yang beragama Islam serta bukan pengguna Bank Syariah Indonesia (BSI).
Jumlah responden valid yang didapatkan adalah 170 responden. Seluruh data
dianalisis menggunakan metode PLS-SEM. Variabel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah religiusitas, citra Islam, kepercayaan, dan niat berperilaku. Adapun hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas nasabah muslim bank non-syariah
berpengaruh positif terhadap citra Islam Bank Syariah Indonesia, religiusitas nasabah
muslim bank non-syariah berpengaruh positif terhadap kepercayaan terhadap Bank
Syariah Indonesia, religiusitas nasabah muslim bank non-syariah tidak berpengaruh
terhadap niat menggunakan Bank Syariah Indonesia, citra Islam BSI tidak
berpengaruh terhadap niat menggunakan Bank Syariah Indonesia, dan kepercayaan
nasabah muslim bank non-syariah berpengaruh positif pada niat menggunakan Bank
Syariah Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak bank syariah
khususnya Bank Syariah Indonesia (BSI) yang hadir dari hasil merger dalam
mempertimbangkan terkait peningkatan pelayanan untuk nasabah agar memiliki
kekuatan citra Islam dan kepercayaan.
Collections
- Management [4524]