Faktor Yang Mempengaruhi Niat Pembelian Mi Instan Korea Non-Sertifikasi Halal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apasaja yang mendorong
konsumen Muslim untuk melakukan pembelian mi instan non-sertifikasi halal
MUI. Sample penelitian ini dipilih dengan menggunakan Teknik purposive
sampling dengan kriteria responden yang sudah beragama Islam dan belum pernah
malakukan pembelian mi instan non-sertifikasi halal MUI. Jumlah responden yang
valid atau memenuhi kriteria berjumlah 114. Seluruh data dianalisis dengan
menggunakan metode PLS-SEM. Variabel yang digunakan pada penelitian ini
meliputi religiusitas intrinsik, pengetahuan produk halal, kesadaran produk halal,
dan niat pembelian produk mi instan Korea non-sertifikasi halal MUI. Adapun hasil
yang di dapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan produk halal
berpengaruh positif terhadap kesadaran dalam memilih produk mi instan Korea
non-sertifikasi halal MUI, nilai religiusitas intrinsik tidak berpengaruh secara sinif-
ikan terhadap kesadaran dalam memilih produk mi instan Korea non-sertifikasi
halal MUI, kesadaran terhadap produk halal secara signifikan berpengaruh terhadap
niat pembelian mi instan Korea non-sertifikasi halal MUI, pengetahuan terhadap
produk halal berpengaruh positif terhadap niat pembelian mi instan Korea non-ser-
tifikasi halal MUI, nilai religiusitas intrinsik tidak berpengaruh negatif terhadap
kesadaran memilih produk mi instan Korea non-sertifikasi halal MUI. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak supermarket, distributor, serta
pemerintah untuk meningkatkan pengawasan pada produk, khusnya produk mi in-
stan Korea yang belum memiliki sertifikat halal MUI.
Collections
- Management [4527]