Sistem Evaluasi Berbasis Gamifikasi Untuk Memantau Perkembangan Proses Hafalan Surat Pendek
Abstract
Berdasarkan data tahun 2012 dari Kementrian Komunikasi dan Informatika setidaknya ada
30 juta anak di Indonesia yang menggunakan internet. Hal ini menunjukkan bahwa internet di
Indonesia telah tersebar secara luas dan gampang diakses bahkan oleh remaja. Dampak negatif
dari penggunaan internet secara berlebih dapat meningkatkan potensi adiksi terhadap internet.
Contoh lain dampak negatif internet bagi remaja yaitu berkurangnya motivasi untuk
menghafal surat pendek Al-Qur’an, jarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan
menjadi susah beradaptasi. Melihat peluang bagus untuk membantu memantau perkembangan
proses menghafal surat pendek melalui aplikasi berbasis gamifikasi, maka dibuatlah aplikasi
Hafalan Surat Pendek menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC).
Sudah ada dua aplikasi serupa yaitu Hafal Surat Pendek Qur’an oleh Zoel009 dan Hafalan
Surat Surat Pendek Al-Qur’an oleh Surabaya Studio. Dua aplikasi tersebut membantu
perkembangan hafalan dengan menyediakan fitur baca ayat serta memutarkan audio bacaan
surat pendek. Yang menjadi pembeda dari dua aplikasi serupa dengan sistem yang akan
dikembangkan pada penilitian ini adalah adanya implementasi gamifikasi berupa rintangan
serta fitur quiz untuk evaluasi perkembangan hafalan surat pendek.
Berdasarkan hasil implementasi sistem pada penelitian maka dapat disimpulkan bahwa
sistem evaluasi berbasis gamifikasi untuk memantau perkembangan proses hafalan surat
pendek dapat diterima dengan baik oleh pengguna. Hal ini dibuktikan dengan hasil User
Acceptance Test (UAT) yang bernilai sangat baik dengan jumlah presentase skor 85.3%
Collections
- Informatics Engineering [2148]