Pengaruh Edukasi Menggunakan Leaflet Terhadap Kepatuhan Penggunaan Antihipertensi Pada Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Ngemplak I Sleman Yogyakarta
Abstract
Kepatuhan penggunaan antihipertensi merupakan faktor penting untuk
meningkatkan keberhasilan terapi. Edukasi menggunakan leaflet merupakan salah
satu intervensi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan penggunaan
antihipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi
menggunakan leaflet terhadap kepatuhan penggunaan antihipertensi pada pasien
rawat jalan di Puskesmas Ngemplak I Sleman Yogyakarta. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan Randomized Controlled
Trial (RCT) yang dilaksanakan pada Bulan Januari sampai Maret 2012 dengan
melibatkan 60 responden. Terdapat 2 kelompok dalam penelitian ini yaitu
kelompok kontrol (30 responden) dan perlakuan (30 responden). Data
dikumpulkan dari rekam medik dan pengisian kuesioner Morisky Medication
Adherence Scale (MMAS). Pengukuran tingkat kepatuhan dilakukan dua kali
yaitu sebelum dan sesudah dilakukannya edukasi menggunakan leaflet dengan
jarak pengukuran kepatuhan minimal 3 minggu dan maksimal 4 minggu setelah
pengukuran tingkat kepatuhan pertama. Perbedaan tingkat kepatuhan antara
kelompok kontrol dan perlakuan dianalisis menggunakan Uji Mann-Whitney
sedangkan pengaruh edukasi menggunakan leaflet dianalisis menggunakan Uji
Wilcoxon. Kedua uji tersebut dipastikan dengan Uji Chi-Square. Secara umum
tingkat kepatuhan penggunaan antihipertensi di Puskesmas Ngemplak I
Sleman sebelum edukasi menggunakan leaflet ialah 71,7% dan pada kelompok
perlakuan meningkat dari 70% menjadi 96,7% setelah edukasi menggunakan
leaflet. Hasil penelitian menunjukkan edukasi menggunakan leaflet secara
signifikan mempengaruhi kepatuhan penggunaan antihipertensi pada pasien
hipertensi di Puskesmas Ngemplak I Sleman Yogyakarta.
Kata kunci: Hipertensi, Kepatuhan, Edukasi, Leaflet, Morisky Medication
Adherence Scale (MMAS).
Collections
- Pharmacy [1444]