Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dilengkapi Game The Shock Envelope Pada Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
dengan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dilengkapi Game The Shock Envelope
pada Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi dan mengetahui kelayakannya. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model
pengembangan Sugiyono (2019) yang terdiri dari 5 tahap yaitu: potensi dan
masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Data
yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil analisis kebutuhan peserta
didik dan guru dari SMA N 1 Seyegan, SMA N 2 Ngaglik dan SMA N 1
Cangkringan serta data hasil penilaian kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli
media. Hasil penilaian kelayakan pada Lembar Kerja Peserta Didik dengan
Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dilengkapi Game The Shock Envelope pada
Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi mendapatkan skor aktual sebesar 42,5 yang
masuk dalam kategori Sangat Baik (SB) oleh ahli materi dan ahli media dan dapat
dikatakan layak digunakan sebagai sumber belajar.
Collections
- Chemistry Education [324]