• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Islamic Studies
    • Islamic Economics
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Islamic Studies
    • Islamic Economics
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Preferensi Pengusaha UKM Untuk Menjadi Nasabah Perbankan Syariah Di Semarang Tahun 2012 ( Studi di Kec. Bawen, Kec. Bandungan, Kec. Bergas )

    Thumbnail
    View/Open
    08423003 Avivah.pdf (23.34Mb)
    Date
    2012
    Author
    Avivah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sejak tahun 1992, mulai beroperasi apa yang dimaksud dengan dual banking system di Indonesia. Perbankan konvensional yang menerapkan bunga berjalan berdampingan dengan perbankan syariah yang mendasarkan kepada sistem Syariah. Kebijakan seperti ini merupakan opsi yang nyata, karena saat ini ditengah masyarakat juga berfikir demikian, khususnya pengusaha UKM. Kepercayaan masyarakat terhadap bank Syariah ( pengusaha UKM ) yang sudah terbangun sejak lama tentu saja tidak mudah untuk diarahkan kepada perbankan yang berbasiskan Syariah Islam. Pengetahuan tentang bank Syariah dirasa perlu untuk diketahui pengusaha UKM dan masyarakat lainya, karena pengetahuan tentang bank syariah dirasa penting dalam mempengaruhi mereka untuk menjadi nasabah bank Syariah. Minimya kantor cabang bank Syariah juga mempengaruhi dalam pengambilan keputusan menjadi nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi dan potensi pengusaha UKM menjadi nasabah perbankan Syariah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan wawancara yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskripsi yang disajikan dalam distribusi frekuensi yang bertujuan untuk menggambarkan suatu gejala-gejala atau faktor-faktor yang mempengaruhi pengusaha UKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa:1) Preferensi pengusaha UKM di Semarang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang mendominasi dalam pengambilan keputusan mereka adalah; nama Islami yang digunakan bank Syariah, produk yang ditawarkan oleh bank Syariah sesuai dengan kebutuhan mereka, informasi bank Syariah yang tidak ketinggalan, bagi hasil yang diberikan bank syariah lebih rendah dibanding bank konvensional, serta lokasi bank syariah yang mudah dijangkau. 2) Potensi pengusaha UKM di Semarang sangat besar, dilihat dari faktor yang mendominasi mereka dalam mengambil keputusan menjadi nasabah bank Syariah di kota Semarang. Faktor agama atau nilai religius tidak mempengaruhi mereka dalam pengambilan keputusan. Perilaku menjadi nasabah atau menabung di bank Syariah seperti ini karena perintah agama, berinvestasi yang halal serta menghindari riba. Kata Kunci: Preferensi, Pengusaha UKM, Nasabah Perbankan Syariah
    URI
    https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37518
    Collections
    • Islamic Economics [536]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV