Dampak Pandemi Covid-19 Pada Umkm Dan Strategi Dalam Menghadapinya: Analisis Deskriptif Kualitatif (Studi Kasus Pada Umkm Bidang Kuliner Di Wilayah Kota Palembang)
Abstract
UMKM adalah perusahaan perdagangan yang dikelola oleh individuindividu
yang
mengacu
pada
usaha
ekonomi
produktif
dengan
standar
yang
telah
ditentukan
dalam Undang-Undang. Bahkan dalam hal manajemen bisnis, masih
memiliki hubungan ekonomi yang erat dengan semua lapisan masyarakat. Namun,
Sekitar awal Maret 2020, terjadi wabah penyakit di Indonesia yang disebut Covid19
(virus corona). Coronavirus adalah penyakit menular yang disebabkan oleh
coronavirus yang baru ditemukan. Pandemi global COVID-19 benar-benar
berdampak ke berbagai sektor, terutama sektor ekonomi. Dampak ekonomi ini
tidak hanya dirasakannya hanya di level domestik, tetapi juga dirasakannya di
seluruh dunia. Di Indonesia, Tentu saja ini juga berdampak terhadap sektor
pariwisata, sektor perdagangan, industri termasuk pelaku Usaha Mikro dan Kecil
dan Menengah (UMKM). Oleh karena itu penulis ingin meneliti Dampak
Pandemi Covid-19 Pada Umkm Dan Strategi Dalam Menghadapinya: Analisis
Deskriptif Kualitatif (Studi Kasus Pada Umkm Bidang Kuliner Di Wilayah Kota
Palembang). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan
menggunakan dua metode pengumpulan data observasi, wawancara dokumentasi.
Dari penelitian yang dilakukan ini di dapatkan beberapa strategi yang di lakukan
oleh para Pelaku UMKM Bidang Kuliner di Wilayah Kota diantaranya adalah
strategi E-Commerce, Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing
(CRM). Dimana ketiga strategi ini sangat berpengaruh bagi Pelaku UMKM dalam
menghadapi Pasar di Era Pandemi Covid-19 ini.
Collections
- Akuntansi [4388]