Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Muzhoffar Akhwan. MA
dc.contributor.authorABD GANI
dc.date.accessioned2022-05-20T03:17:12Z
dc.date.available2022-05-20T03:17:12Z
dc.date.issued2021-12-27
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37421
dc.description.abstractKajian ini diharapkan dapat mengkaji kontemplasi Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang ajaran Islam yang humanis, mengacu pada pemikirian Al Attas dari perspektif humanisme untuk mengetahui pandangannya terkait dengan kedudukan manusia dalam berbagai praktik pendidikan Islam, serta relevansikannya dengan situasi dan kondisi pendidikan di Indonesia saat ini. Pembahasan penelitian ini akan menggunakan jenis penelitian pustaka (library research) atau Kualitatif Deskriptif dengan cara mencari, membaca, menelaah dan mengkaji sumber kepustakaan berupa data primer maupun data sekunder yang relevan dengan pembahasan tesis ini. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Normatif, dan pendekatan Historis. Kritik Al-Attas terhadap pendidikan Islam ialah timbulnyapengetahuan yang salah dan membingungkan, yang hal ini menciptakan kondisi yang timbul dari kebingungan dan kesalahan dalam ilmu, Dengan tujuan agar perkembangan para perintis yang tidak mumpuni untuk memimpin umat Islam, tidak memiliki pedoman-pedoman yang tinggi, ilmiah, dan mendalam yang dipersyaratkan bagi otoritas. Pemikiran pendidikan humanis Islam menurut Al-Attas ialah manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki potensi untuk dapat berkembang ke arah yang positif sekaligus ke arah yang negatif, sudah selayaknya pendidikan yang diberikan peserta didik memperhatikan fisik dan spiritualitasnya. Peserta didik sudah seharusnya mendapatkan latihan ketrampilan fisik yang tidak lupa juga diperkuat moralitasnya, dalam hal ini untu mengembangkan potensi dirinya. Potensi tersebut adalah potensi-potensi dasar manusia menjadi modal dasar dalam mengekspresikan kehendak dirinya. Pemikiran pendidikan Islam humanis Syed Muhammad Naquib Al-Attas cukup relevan dengan pendidikan di Indonesia dikerenakan Tujuan pendidikan yang melibatkan Sekolah Islam dan pengajaran secara keseluruhan pada dasarnya semua memiliki tujuan yang sama, khususnya untuk membuat individu atau orang yang luar biasa.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAgamaen_US
dc.subjectHumanisen_US
dc.subjectAl-Attasen_US
dc.subjectIndonesiaen_US
dc.titlePemikiran Pendidikan Islam Humanis Perspektif Syed Muhammad Naquib Alattas Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Indonesiaen_US
dc.Identifier.NIM17913078


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record