Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, MIS
dc.contributor.authorRAISUL UMAM GHAZALI
dc.date.accessioned2022-05-19T03:15:07Z
dc.date.available2022-05-19T03:15:07Z
dc.date.issued2021-12-27
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37366
dc.description.abstractRangkaian program pendidikan yang efektif meliputi model pembelajaran diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga mampu mencetak siswa yang sesuai dengan standart kelulusan siswa dalam K13. Standart kelulusan dalam K13 mempunyai ciri-ciri berbeda dengan kurikulum yang pernah diterapkan di Indonesia, dalam penerapan K13 siswa diharuskan bersikap mandiri baik dalam belajar maupun dalam bersikap dan guru berperan sebagai motivator dan fasilitator. Proses pembelajaran dalam K13 juga selalu mengutamakan agar para siswa belajar secara kelompok, aktif baik dalam berfikir maupun bertanya serta melakukan percobaan maupun praktek dimana semua proses tersebut bertujuan untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas siswa. Siswa dituntut untuk berfikir kritis merupakan penerapan dari dimensi pengetahuan dalam K13, dalam dimensi pengetahuan siswa harus mempunyai pengetahuan yang luas dan juga memiliki keterampilan metakognitif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatanpenelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitumetode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah Miles, Huberman, dan Saldana dengan tahapan koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi. Model pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa ada beberapa pendekatan, yang bisa membuat siswa lebih aktif dan semakin terampil dalam pembelajaran. yakni1.) pendekatan pengalaman 2) pendekatan pembiasaan, 3) pendekatan keteladanan. Metode yang diguanakan dalam meningkatkan keterampilan metakognitif yaitu 1) metode ceramah, 2) metode Tanya jawab, 3) metode hafalan, 4) metode diskusi, 5) metode inquiri. Dan teknik guru yang digunakan dalam meningkatkan ketrampilan metakognitif yaitu 1) teknis kuiz, 2) teknik every one is teacher here.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectketerampilan metakognitifen_US
dc.subjectmodel pembelajaranen_US
dc.titleModel Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa (Studi Kasus Di Ma Darul Ishlah)en_US
dc.Identifier.NIM17913103


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record