Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Terhadap Penggunaan Electronic Money Di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat
Mahasiswa Terhadap Pengggunaan Electronic Money Di Yogyakarta” yang
bertujuan untuk menguji faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat
mahasiswa terhadap penggunaan electronic money di Yogyakarta. Penelitian ini
menggabungkan dua model teori, yaitu Theory Acceptance Model (TAM) dan
Theory of Planned Behavior (TPB), sebagai kerangka dasar penelitian. Model ini
memakai Persepsi Kemudahan (PK), Persepsi Manfaat (PM), Norma Subjektif
(NS), Perilaku Pengendalian (PP), Persepsi Resiko (PR), Kepercayaan (K),
Persepsi Nilai (PN), dan Personal Inovatif (PI) sebagai variabel untuk
membangun model penggunaan electronic money di Yogyakarta.
Penelitian ini mengambil sampel pada responden yang berstatus sebagai
mahasiswa yang menggunakan fasilitas electronic money di Yogyakarta. Sampel
diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, dari seluruh kuesioner
yang tersebar sejumlah 100 dapat kembali dan diolah sebanyak 100 sampel.
Pengujian dilakukan dengan menggunakan program PLS.
Dari sepuluh hipotesis yang diajukan pada penelitian ini, terdapat
pengaruh secara signifikan persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat,
persepsi resiko, kepercayaan, dan persepsi nilai terhadap minat penggunaan emoney.
Sedangkan untuk variabel norma subjektif, perilaku pengendalian tidak
berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan e-money.
Kata kunci: Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Norma Subjektif, Perilaku
Pengendalian, Persepsi Resiko, Kepercayaan, Persepsi Nilai, dan Personal
Inovatif.
Collections
- Akuntansi [4399]