dc.description.abstract | Teknologi yang ada di dalam virtual world (dunia maya ) telah berkembang sangat pesat. Banyak orang yang bisa mendapatkan suatu ilmu atau pengalaman berharga dari dunia ini. Bahkan untuk sesuatu yang belum pernah ditemuinya atau dikunjungi, orang-orang tersebut bisa mengetahui bahkan mengeksplorasi lebih jauh tentang suatu hal. Tugas Akhir yang berjudul “Aplikasi Multimedia Visualisasi Candi Borobudur Berbasis Tiga Dimensi” adalah membuat Aplikasi berbasis multimedia tentang visualisasi candi Borobudur berbasis tiga dimensi. Aplikasi ini dibuat untuk mengetahui, mencari informasi, atau untuk kepentingan yang lebih jauh tentang candi Borobudur tanpa harus susah payah untuk pergi ke tempat yang sebenarnya. Untuk itulah, keberadaan aplikasi-aplikasi seperti ini nampaknya telah banyak dipergunakan tidak hanya untuk kepentingan sumber informasi saja, tetapi telah dijadikan sebagai media iklan, media sistem pembelajaran, ataupun media promosi. Dan dengan didukung oleh perangkat 3D, kehidupan ini semakin bisa memberikan gambaran tentang kehidupan yang sebenarnya. Beberapa langkah untuk membangun aplikasi ini yaitu Analisis data , Perancangan bagan HIPO sebagai media perancangan sistem serta membuat dasar-dasar tempilan antarmuka (interface), Pemodelan, Texturing, Rendering, Aransemen Musik, Pengkodean, Pengujian. Setelah dilakukan pengujian maka aplikasi ini dapat bekerja dan berfungsi untuk memberikan kemudahan kepada calon wisatawan. Sehingga seseorang dapat dengan mudah mengetahui seluk beluk bangunan candi Borobudur tanpa harus susah payah datang ke lokasi yang sebenarnya. Sekaligus dapat membantu tim promosi untuk mempromosikan situs sejarah candi Borobudur kepada calon-calon wisatawan domestic maupun mancanegara. Kata kunci : Visualisasi candi Borobudur, 3D Borobudur, virtual, Tigas dimensi candi Borobudur | en_US |