dc.description.abstract | Teknologi pada zaman saat ini sangat pesat, banayak orang yang bisa mendapatkan suatu ilmu atau pengalaman berharga dari dunia maya (virtual world). Bahkan untuk untuk sesuatu yang belum pernah di kunjungi ataupun ditemui, orang-orang tersebut dapat mengetahui dan mengeksplorasi lebih jauh tentang suatu hal tersebut.
Tugas akhir ini berjudul ”Perpustakaan dan Museum Candi UII Virtual 3D” adalah sebuah aplikasi berbasis multimedia tentang visualisasi Perpustakaan dan Museum Candi UII berbasis tiga dimensi. Aplikasi ini dibuat untuk mengetahui, mencari informasi atau untuk kepentingan yang lebih jauh tentang Perpustakaan dan Museum Candi UII tanpa harus susah mengunjungi secara langsung tempatnya. Untuk itulah keberadaan aplikasi-aplikasi seperti ini nampaknya telah banyak dipergunakan tidak hanya untuk kepentingan sumber informasi saja, tetapi telah dijadikan sebagai media iklan, media pembelajaran, dan promosi. Dengan didukung oleh perangkat tiga dimensi, kehidupan ini semakin bisa memberikan gambaran tentang kehidupan yang sebenarnya.
Langkah untuk membangun aplikasi ini yaitu analisis data, Perancangan bagan HIPO sebagai media perancangan sistem serta membuat dasar-dasar tampilan antarmuka (interface). Pemodelan, Texturing, Rendering, Arasemen Musik, Pengkodean, Pengujian. Setelah dilakukan pengujian maka aplikasi ini bekerja dan dapat berfungsi untuk memberikan kemudahan kepada pengguna. Sehingga seseorang dapat dengan mudah untuk mengetahui seluk beluk bangunan Perpustakaan dan Museum Candi UII tanpa harus datang ke lokasi yang sebenarnya. Sekaligus untuk mempromosikan situs Candi yang berada di kawasan Universitas Islam Indonesia.
Kata kunci : Perpustakaan, museum candi, 3D | en_US |