Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Hj. Eskar Tri Murti, M.M.
dc.contributor.authorAgung Adityo Hutomo
dc.date.accessioned2022-05-11T03:05:11Z
dc.date.available2022-05-11T03:05:11Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37267
dc.description.abstractStrategi pemasaran merupakan hal yang penting bagi perusahaan penyedia jasa. Rumah sakit merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan kesehatan, dan sebagai perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen maka rumah sakit harus meningkatkan mutu pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi bauran pemasaran rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. dengan cara mengidentifikasi kualitas dan loyalitas konsumen . Hal yang dilakukan adalah menyebarkan kuisioner kepada 100 konsumen rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), Important Performance Analysis (IPA) dan piramida loyalitas maka akan diketahui atribut yang dianggap penting dan tidak penting oleh konsumen. Atribut pada kuisioner meliputi Reliability, Tangibles, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty, serta pengelompokan konsumen menjadi Switcher buyer, Habitual buyer, Satisfied buyer, Liking the brand dan Committed buyer. Hasil dari penelitian dengan Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukan bahwa konsumen rumah sakit puas terhadap kinerja pelayanan selama ini karena nilai CSI sebesar 86,4%. Pada analisis dengan metode IPA dan piramida loyalitas menunjukan bahwa rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta harus meningkatkan kinerja pada atribut sikap dokter dalam menenangkan rasa cemas terhadap penyakit, kemampuan dokter dalam pemeriksaan, pengobatan dan perawatan di rumah sakit, penjelasan tranparasi biaya secara rinci, perawat dalam memberikan perawatan, perhatian dan kesedian dokter dalam memberikan waktu khusus kepada pasien untuk konsultasi, serta kemampuan dan perhatian perawat dalam memberikan pelayanan perawatan. Hal ini karena atribut-atribut tersebut dianggap penting oleh konsumen namun pelaksanaanya masih dirasakan kurang. Kemudian membuat rancangan alternatif strategi bauran pemasaran pada bauran proses yaitu menambah jumlah pegawai administrasi dalam menjelasan tranparasi biaya ke pasien secara rinci terutama pada saat pasien sedang ramai. Untuk bauran fisik yaitu membuat sistem parkir yang baik karena tempat parkir yang kurang memadai. Kata kunci : Strategi pemasaran, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Piramida loyalitas.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi pemasaran, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Piramida loyalitasen_US
dc.titlePerancangan Strategi Bauran Pemasaran Melalui Integrasi Metode Costumer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) dan Piramida Loyalitas (Studi Kasus di : Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM07522192


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record