Penerapan Marketing Public Relations Dalam Membangun Customer Value Pada PT. Garuda Indonesia Cabang Yogyakarta
Abstract
Rizqi Fajri Hapsari. 07331075. Penerapan marketing public relations dalam membangun customer value pada PT. Garuda Indonesia Cabang Yogyakarta. Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia. 2012. PT. Garuda Indonesia sebagai perusahaan maskapai penerbangan terbesar di Indonesia juga terlibat dalam persaingan membangun dan mempertahankan merek untuk meningkatkan penjualan. Demi tercapainya tujuan tersebut diperlukan strategi pemasaran yang dilakukan dalam konteks Marketing Public Relations oleh Public Relations PT. Garuda Indonesia. Keberhasilan Marketing Public Relations berpengaruh terhadap kepuasan konsumen untuk mencapai customer value yang berdampak pada peningkatan penjualan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang memaparkan hasil penelitian dan tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Data diperoleh melalui wawancara, observasi langsung, serta studi pustaka. Data tersebut dianalisis secara kualitatif, dalam bentuk uraian yang disusun secara mendetail dan sistematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Marketing Public Relations PT. Garuda Indonesia dalam mencapai customer value serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat program tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Public Relations melakukan aktivitas Internal dan Eksternal Public Relations untuk membangun hubungan yang baik dengan publiknya, yang kemudian dilanjutkan dengan Marketing Public Relations dengan strategi penggunaan event, media relations, sponsorship, dan pembuatan newsletter. Divisi public relation PT. Garuda Indonesia berhasil dalam menjalankan komunikasi baik dengan pihak internal maupun eksternal karena didukung dengan lengkapnya fasilitas penyampai informasi, sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya implementasi program Marketing Public Relations dalam upaya mencapai customer value, yang sering dilakukan secara tidak merata di seluruh kota besar di Indonesia. Kata Kunci : Marketing Public Relations, Customer Value, Maskapai Penerbangan
Collections
- Communication [943]