dc.description.abstract | Pada konstruksi Rangka Atap Baja Ringan, perlu digunakan berbagai macam konfigurasi
profil, sambungan, dan baut, untuk mencapai kombinasi yang efisien, baik dari segi kekuatan dan
biaya yang diperlukan. Di penelitian ini, akan di coba konfigurasi Rangka Atap Baja ringan dengan
menggunakan pelat sambung diantara siku untuk mengikat profil baja tersebut. Kombinasi antara
konfigurasi profil dan tambahan pelat sambung tersebut, diharapkan mampu meningkatkan
kapabilitas kekuatan maksimum Rangka Atap Baja tersebut.
Sampel terdiri dari dua pasang kuda-kuda rangka atap baja ringan dengan profil C75x0,75
Single Channel tanpa tambahan pelat buhul pada tiap sikunya, dan profil Box Double Channel
C75x0,75 dengan tambahan pelat buhul pada tiap sikunya. Tiap 1 pasang kuda-kuda rangka atap
disambungkan dengan baja profil C75x0,75 dengan Panjang 50cm.
Berdasarkan hasil analisis perhitungan prediksi kuat tekan, kuda-kuda rangka atap dengan
profil Single Channel mampu menahan beban tekan sebesar 3,3 ton, sedangkan kuda-kuda rangka
atap dengan profil Box Double Channel sebesar 6,8 ton. Perhitungan dilakukan dengan mengacu
pada SNI 7971:2013. Hasil pengujian lab menunjukkan, kuda-kuda rangka atap dengan profil Single
Channel memiliki kuat tekan maksimum 1,8136 Ton, sedangkan kuda-kuda rangka atap dengan
profil Box Double Channel memiliki kuat tekan sebesar 5,397 Ton. Hasil tersebut melenceng dari
prediksi awal dikarenakan adanya kemiringan pada struktur rangka kuda-kuda sebesar 2mm.
Dari hasil tersebut, Kuda-kuda rangka atap dengan profil Box Double Channel dengan
tambahan pelat buhul lebih kuat 197% jika dibandingkan dengan profil Single Channel tanpa
tambahan pelat buhul. | en_US |