Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Dalam Pembelajaran Kimia Pada Siswa Smkn 2 Yogyakarta, Smk Bina Harapan Dan Smkn 1 Cangkringan
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara motivasi dan minat
siswa dalam pembelajaran kimia; 2) kategori motivasi belajar siswa dalam pembelajaran
kimia; 3) kategori minat belajar siswa dalam pembelajaran kimia pada tiga sekolah
menengah kejuruan di Yogyakarta. Populasi penelitian yang digunakan pada penelitian ini
berasal dari: SMKN 2 Yogyakarta, SMK Bina Harapam, dan SMKN 1 Cangkringan. Teknik
pengambilan data yang digunakan adalah teknik non tes dengan menggunakan instrumen
berupa angket. Intrumen motivasi dan minat belajar dalam bentuk angket tersebut kemudian
disebarkan melalui google formulir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini menggunakan analisis non parametrik yaitu uji spearman. Uji ini diawali dengan uji
prasyarat analisis yaitu uji normalitas untuk mengetahui data terdistribusi dengan normal
atau tidak dan uji linearitas untuk mengetahui data tersebut linear atau tidak. Hasil kedua uji
prasyarat tersebut menunjukkan bahwa data tidak terdisribusi normal dan tidak linear.
Kemudian diuji analisis menggunakan uji non parametrik. Dari uji korelasi, hasil penelitian
yang didapatkan adalah: 1) ada hubungan yang signifikan antara motivasi dan minat belajar
siswa dalam pembelajaran kimia dimana nilai signifikansi 0,000 dan nilai korelasinya 0, 695;
2) motivasi belajar dalam pembelajaran kimia pada ketiga SMK tersebut berada pada
kategori baik; 3) minat belajar dalam pembelajaran kimia pada ketiga SMK tersebut dalam
kategori baik.
Collections
- Chemistry Education [324]