Hardiness Dan Burnout Dalam Pembelajaran Daring Pada Guru Sekolah Dasar Di Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dan burnout
pada guru SD yang melakukan pembelajaran daring di Daerah Istimewa
Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan pada penelitian adalah terdapat hubungan
yang negatif antara hardiness dan burnout pada guru sekolah dasar yang
melakukan pembelajaran daring di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumlah
partisipan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 90 guru SD. Adapun alat
ukur yang digunakan adalah Skala Hardiness (Widaputri, 2020)) dan Skala
Burnout (Kharisma, 2020). Hasil dari analisis korelasi menunjukkan bahwa
terdapat nilai r = -0.685 dan nilai p = 0.000 (p < 0.005). Berdasarkan hasil tersebut
maka hipotesis yang diajukan pada penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2173]