dc.contributor.advisor | Drs. H.R. Abdul Jalal, MM | |
dc.contributor.author | Fitra Dwi Ristanti | |
dc.date.accessioned | 2022-01-24T04:23:41Z | |
dc.date.available | 2022-01-24T04:23:41Z | |
dc.date.issued | 2012 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35990 | |
dc.description.abstract | Saat ini persaingan bisnis retail di Indonesia semakin ketat, hal ini dapat di lihat
dari tumbuhnya bisnis-bisnis retail modern yang bergerak di bidang
perbelanjaan. Salah satunya adalah Swalayan Pamella Enam. Swalayan Pamella
Enam ini merupakan salah satu swalayan yang memiliki daya tarik tersendiri
untuk dikunjungi oleh konsumen.Penelitian dilakukan dengan menyebarkan
kuisioner dan dilakukan perhitungan dengan Metode Importance and
Performance Analysis (IPA) yang akan mengetahui nilai tingkat kesesuaian
antara tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan selanjutnya akan dipetakan
dengan Diagram Kartesius. Hasil perhitungan dengan metode IPA ditegaskan lagi
dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat
kepuasan konsumen pengunjung secara menyeluruh.Dari hasil perhitungan
dengan metode Importance and Performance Analysis (IPA) 30 atribut memiliki
tingkat kesesuaian sama/diatas rata-rata yaitu 97%. Diagram Kartesius
menunjukkan terdapat 4 atribut yang memerlukan perhatian untuk ditingkatkan
kualitasnya yaitu penataan lokasi parkir interior dan eksterior swalayan,
kecepatan pemrosesan pelayanan, Swalayan selalu memberikan brosur tentang
harga produk yang dijual ataupun informasi produk-produk terbaru yang dijual,
karyawan selalu memberikan perhatian secara individual kepada
konsumen/pelanggan dan dilanjutkan dengan perhitungan metode Customer
Satisfaction Index (CSI) Swalayan Pamella Enam terletak pada rentang skala
0.81 sampai dengan 1.00 yaitu 82.89 % (0.8289), hal ini menunjukkan secara
umum indeks kepuasan konsumen berada pada kriteria “sangat puas”.
Kata Kunci :Retail, Importance and Performance Analysis (IPA), Customer
Satisfaction Index (CSI) | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Retail | en_US |
dc.subject | Importance and Performance Analysis (IPA) | en_US |
dc.subject | Customer Satisfaction Index (CSI) | en_US |
dc.title | Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Pendekatan Importance And Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI) (Studi Kasus Swalayan Pamella Enam Yogyakarta) | en_US |
dc.Identifier.NIM | 07522122 | |