Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Gaya Hidup, Promosi Sosial Media Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Busana Muslimah Merek Deenay Di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang
Abstract
Persaingan bisnis pada bidang fashion busana muslimah sangat ketat, dimana
banyak bermuculan produsen busana muslimah yang bertujuan untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen. Sehingga menyebabkan setiap produsen
diharuskan untuk berinovasi dan mengetahui tentang pangsa pasar yang ingin dituju
dikarenakan konsumen menilai dan membedakan suatu produk melalui beberapa
faktor konsumsi seperti perbedaan harga, perbedaan kualitas produk, gaya hidup
konsumen maupun promosi sosial media yang dilakukan oleh brand tersebut, yang
dapat dijadikan sebagai pertimbangan keputusan pembelian. Permasalahan yang
akan penulis kaji dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh dari variabel
harga, kualitas produk, gaya hidup, promosi sosial media terhadap keputusan
konsumen membeli busana muslimah merek Deenay di kecamatan Muntilan,
kabupaten Magelang dan dilakukan pada bulan April-Mei 2020. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruh harga, kualitas
produk, gaya hidup dan promosi sosial media terhadap keputusan pembelian dari
konsumen dalam membeli busana muslimah merek Deenay. Populasi dari
penelitian ini adalah kaum wanita yang berusia 20-60 tahun, serta sampel yang
digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Dengan teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner serta pengambilan sampel
menggunakan metode probability sampling. Analisis data menggunakan regresi
berganda karena menggunakan lebih dari satu variabel terikat yang meliputi harga,
kualitas produk, gaya hidup, promosi sosial media. Hasil penelitian menunjukan
bahwa variabel harga, kualitas produk, gaya hidup dan promosi sosial media
berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen membeli busana muslimah
merek Deenay di kecamatan Muntilan, kabupaten Magelang.
Collections
- Islamic Economics [823]