implementasi pendidikan karakter menjadi pemimpin dalam studi analisis karya yudha kurniawan dan tri puji hindarsih
Abstract
Pendidikan karakter ialah segenap perilaku yang dilakukan oleh guru yang dapat
mempengaruhi kepribadian anak didik. Pembentukan karakter dimulai sejak dini
atau sejak dari dalam kandungan. Waktu yang tepat untuk membangun kepribadian
anak ialah saat usia SD. Sekolah harus berusaha untuk membentuk karakter anak.
Dalam pembentukan karakter dihadapkan dengan banyak tantangan.
Penelitian ini berisi analisis dan pembahasan implementasi pendidikan karakter
menjadi pemimpin dalam karya Yudha Kurniawan dan Tri Puji Hindarsih yang
berjudul Character Building Membangun Karakter Menjadi Pemimpin. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif
deskriptif. Sumber data dari penelitian ini berasal dari buku karya Yudha
Kurniawan dan Tri Puji Hindarsih yang berjudul Character Building Membangun
Karakter Menjadi Pemimpin, buku-buku yang lain, jurnal ilmiah, dan sumber yang
lainnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara menumbuhkan pendidikan
karakter menjadi pemimpin dalam karya Yudha Kurniawan dan Tri Puji Hindarsih
terdapat empat tahap yaitu tahap TAHU, tahap KENAL, tahap BIASA, tahap
MELEKAT. Dengan melalui empat tahap tersebut, dapat membentuk pribadi
peserta didik yang memiliki nilai moral dan norma-norma dalam kehidupan
bermasyarakat seperti rendah hati, mudah menolong, sabar, toleransi, amanah,
bertanggung jawab, dan lain sebagainya. Pendidikan karakter dibutuhkan supaya
manusia tidak hanya tahu mengenai kebaikan (knowing the good) namun juga
merasakan (feeling the good), mencintai (loving the good), membutuhkan (desiring
the good) dan mengerjakan kebaikan (acting the good).
Collections
- Islamic Law [644]