dc.description.abstract | Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan pembelajaran berbasis teknologi informasi yang sangat pesat, tercipta sebuah system pembelajaran baru yang disebut dengan sistem belajar elektronik berbasis web yang biasa disebut e-Learning. Penelitian ini akan mengkaji tentang perilaku penerimaan mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) terhadap penggunaan e-learning Klasiber berdasarkan faktorfaktor yang mempengaruhinya dengan pendekatan flow theory, service quality dan Technology Acceptance Model. Penelitian ini terdiri atas empat variabel bebas (karakteristik dosen, materi pembelajaran, desain isi e-learrning, playfulness), dua variabel kepercayaan (persepsi atas kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan), dan satu variabel tergantung (intensi penggunaan e-learning). 195 kuesioner dibagikan kepada mahasiswa UII sebagai data primer dan uji statistik dilakukan dengan SPSS 15.0. Hasil analisis menunjukkan hubungan positif antara variabelvariabel yang diteliti. Karakteristik dosen, materi pembelajaran, desain isi e-learning dan persepsi kemudahan penggunaan terbukti berpengaruh positif terhadap persepsi atas kemanfaatan. Persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan tebukti berpengaruh terhadap intensi penggunaan e-learning. Dan yang terakhir adalah bahwa playfulness terbukti berpengaruh positif terhadap intensi penggunaan e-learning. | en_US |