Show simple item record

dc.contributor.advisordr.Umatul Khoiriyah, M.Med.Ed
dc.contributor.authorCut Sri Rachmawati
dc.date.accessioned2022-01-10T06:24:08Z
dc.date.available2022-01-10T06:24:08Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35733
dc.description.abstractLatar Belakang: Perubahan paradigma pendidikan berdampak terhadap perubahan kurikulum dari Teacher Centered Learning (TCL) menuju ke Student Centered Learning (SCL) dimana menuntut mahasiswanya untuk lebih aktif dalam belajar secara mandiri. Dalam sistem PBL yang merupakan sistem yang telah diterapkan dalam sistem pendidikan kesehatan, menuntut mahasiswa untuk dapat menjadi pembelajar mandiri, dan mempunyai kesiapan dalam belajar mandiri. Dalam kegiatan pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FKUII), kegiatan keterampilan medik adalah merupakan salah satu metode pembelajaran untuk melatih soft skills mahasiswanya agar dapat menjadi dokter yang kompeten nantinya. Tujuan: Mengetahui hubungan antara tingkat kemandirian mahasiswa dalam belajar terhadap nilai keterampilan medik pada mahasiswa tahun ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis dengan rancangan penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan systematic random sampling. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Pearson karena data berdistribusi normal. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa FK UII angkatan 2009 yang masih aktif yang berjumlah 149 orang. Pengambilan data dengan menggunakan kuisioner Self Directed Learning Readiness Scale (SDLRS) dan nilai ujian keterampilan medik. Hasil : Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara tingkat kemandirian mahasiswa dalam belajar terhadap nilai keterampilan medik, yang artinya semakin tinggi tingkat kemandirian mahasiswa dalam belajar, maka akan semakin tinggi nilai keterampilan mediknya, begitu juga sebaliknya semakin rendah tingkat kemandirian dalam belajar, maka semakin rendah nilai keterampilan medik yang dicapai, dengan nilai korelasi r= 0,399 dan nilai signifikansi p= 0,000 (p<0,01). Kesimpulan: Ada hubungan bermakna antara tingkat kemandirian mahasiswa dalam belajar terhadap nilai keterampilan medik pada mahasiswa tahun ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Kata kunci : belajar mandiri, SDLRS, prestasi belajar, keterampilan mediken_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectbelajar mandirien_US
dc.subjectSDLRSen_US
dc.subjectprestasi belajaren_US
dc.subjectketerampilan mediken_US
dc.titleHubungan Antara Tingkat Kemandirian Mahasiswa Dalam Belajar Terhadap Nilai Keterampilan Medik Pada Mahasiswa Tahun Ketiga Di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesiaen_US
dc.Identifier.NIM08711163


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record