dc.description.abstract | Latar Belakang: Perubahan paradigma pendidikan berdampak terhadap perubahan
kurikulum dari Teacher Centered Learning (TCL) menuju ke Student Centered
Learning (SCL) dimana menuntut mahasiswanya untuk lebih aktif dalam belajar
secara mandiri. Dalam sistem PBL yang merupakan sistem yang telah diterapkan
dalam sistem pendidikan kesehatan, menuntut mahasiswa untuk dapat menjadi
pembelajar mandiri, dan mempunyai kesiapan dalam belajar mandiri. Dalam
kegiatan pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FKUII),
kegiatan keterampilan medik adalah merupakan salah satu metode pembelajaran
untuk melatih soft skills mahasiswanya agar dapat menjadi dokter yang kompeten
nantinya.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara tingkat kemandirian mahasiswa dalam belajar
terhadap nilai keterampilan medik pada mahasiswa tahun ketiga di Fakultas
Kedokteran Universitas Islam Indonesia
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis dengan rancangan
penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan systematic
random sampling. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Pearson karena data
berdistribusi normal. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa FK UII angkatan
2009 yang masih aktif yang berjumlah 149 orang. Pengambilan data dengan
menggunakan kuisioner Self Directed Learning Readiness Scale (SDLRS) dan nilai
ujian keterampilan medik.
Hasil : Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara tingkat
kemandirian mahasiswa dalam belajar terhadap nilai keterampilan medik, yang
artinya semakin tinggi tingkat kemandirian mahasiswa dalam belajar, maka akan
semakin tinggi nilai keterampilan mediknya, begitu juga sebaliknya semakin rendah
tingkat kemandirian dalam belajar, maka semakin rendah nilai keterampilan medik
yang dicapai, dengan nilai korelasi r= 0,399 dan nilai signifikansi p= 0,000 (p<0,01).
Kesimpulan: Ada hubungan bermakna antara tingkat kemandirian mahasiswa dalam
belajar terhadap nilai keterampilan medik pada mahasiswa tahun ketiga di Fakultas
Kedokteran Universitas Islam Indonesia.
Kata kunci : belajar mandiri, SDLRS, prestasi belajar, keterampilan medik | en_US |