Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Penggunaan Jasa E-Ticketing
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh
Terhadap Penggunaan Jasa E-ticketing”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan jasa e-ticketing.
Permasalahan dari penelitian ini sendiri adalah apakah faktor-faktor
tersebut berpengauh atau tidak pada penggunaan jasa e-ticketing. Penelitian ini
mengambil sampel individu yang menggunakan e-ticketing untuk membeli tiket
transportasi darat dan udara. Sampel diambil dengan menggunakan metode
purposive sampling, dari seluruh kuesioner yang didistribusikan sejumlah 185,
yang dapat kembali dan dapat diolah sebanyak 175. Pengujian data dilakukan
dengan menggunakan Smart PLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sebelas hipotesis yang diujikan
pada penelitian ini, tujuh diantaranya terbukti. Hipotesis yang terbukti tersebut
menunjukkan bahwa privasi dan keamanan mempengaruhi persepsi resiko dalam
bertransaksi e-ticketing, kepercayaan mempengaruhi sikap dalam bertransaksi eticketing,
dan sikap, manfaat, pengalaman dan kontrol perilaku mempegaruhi niat
dalam bertransaksi e-ticketing. Sedangkan kepercayaan tidak mempengaruhi
persepsi resiko dalam bertransaksi e-ticketing, persepsi resiko tidak
mempengaruhi sikap dan niat dalam bertransaksi e-ticketing, dan norma subjektif
tidak mempengaruhi niat dalam bertransaksi e-ticketing.
Kata Kunci : Privasi, Keamanan, Kepercayaan, Pengalaman, Manfaat, The
Planned Behavior
Collections
- Akuntansi [4388]