Browsing Islamic Economics by Subject "Etika Bisnis Islam"
Now showing items 1-20 of 20
-
ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PEMBELIAN PRODUK MELALUI ECOMMERCE (Studi Kasus pada Mahasiswa Ekonomi Islam Angkatan 2015-2018)
(Universitas Islam Indonesia, 2020-01-07)Semakin maraknya perkembangan e-commerce diindonesia memberi dampak terhadap gaya hidup masyarakat, terkhusus dalam berbelanja. Tak luput juga dialami oleh mahasiswa, kelompok yang paling dekat dengan kemajuan apalagi ... -
ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM PADA PENGUSAHA BUSANA MUSLIMAH YOGYAKARTA YANG MENJUAL PRODUKNYA DI MARKET PLACE ( STUDI KASUS SHOPEE, TOKOPEDIA, DAN BUKALAPAK )
(Universitas Islam Indonesia, 2020-01-06)Perkembangan industri online di Yogyakarta mengalami sebuah peningkatan pada beberapa tahun terakhir ini. Karena hal tersebut para pengusaha busana muslimah memanfaatkannya dalam bentuk melakukan aktifitas bisnis didalamnya. ... -
ANALISIS PENERAPAN DAN DAMPAK ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEMAJUAN BISNIS PADA SUPERMARKET DE’ HALAL MART YOGYAKARTA
(Universitas Islam Indonesia, 2018-06-07)Etika bisnis Islam merupakan norma etika berbasis Al-Qur’an dan Hadist yang harus dijadikan sebagai pedoman hidup bagi para pebisnis. Namun pada kenyataannya, banyak orang atau oknum pebisnis yang melakukan kecurangan ... -
ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM USAHA KONVEKSI (STUDI KASUS KONVEKSI 3 NUR SHOP PATTANI THAILAND ) Analysis of The Implementation of Business Ethics In Islamic Convection Business (Case Study of 3 Nur Shop Convection Pattani Thailand)
(Universitas Islam Indonesia, 2019-10-25)Manusia adalah sebagai makhluk hidup yang mempunyai berbagai macam kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut mereka harus melakukan berbagai macam usaha ... -
ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DI BUKALAPAK
(Universitas Islam Indonesia, 2020-01-07)E-commerce merupakan proses jual beli berupa barang ataupun jasa yang menghubungkan antara konsumen dengan produsen dalam dunia maya yang terhubung melalui jaringan internet. Dalam kehidupan bermuamalah, Islam sangat ... -
Analisis Strategi Bauran Promosi Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Cv. Aprilian Jaya Barokah)
(Universitas Islam Indonesia, 2021-12-17)CV. Aprilian Jaya Barokah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konveksi dengan konsisten menerapkan strategi bauran promosi secara online dalam pemasarannya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana ... -
Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Global Shipping Industry Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam
(Universitas Islam Indonesia, 2023)UMKM dalam bidang home & décor di Provinsi Jawa tengah ikut terdampak pandemic covid-19 dalam kegiatan perdagangan internasional yakni penurunan penjualan dan distribusi barang yang mengalami perlambatan salah satu nya ... -
IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA SISTEM JAMINAN HALAL DAN THAYYIB PADA RUMAH MAKAN AYAM PENYET SURABAYA IMPLEMENTATION OF ISLAMIC BUSINESS ETHICS IN THE HALAL AND THAYYIB GUARANTEE SYSTEM AT RUMAH MAKAN AYAM PENYET SURABAYA
(Universitas Islam Indonesia, 2018-12-13)Penerapan etika bisnis islam merupakan implementasi kegiatan bisnis yang bukan hanya kegiatan jual beli yang menargetkan keuntungan, namun kegiatan bisnis yang mengarah dan dibatasi dengan merujuk pada Al-Qur’an dan ... -
KOMPARASI IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM ANTARA PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN (STUDI PADA PASAR TRADISIONAL MUNTILAN DAN PASAR MODERN HADI SUWARNO)
(Universitas Islam Indonesia, 2017)Etika Bisnis Islam dilakukan dengan cara menerapkan prisnsip kesatuan (tauhid), keseimbangan (adil), kehendak bebas (ikhtiar atau free will), amanah (tanggung jawab) dan prinsip ihsan. Penelitian ini bertujuan untuk ... -
Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Pengelolaan Produk Penjualan Swalayan Pamella1 Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2011)Ekonomi Islam telah mengalami perkembangan yang menggembirakan dinegeri ini. Berawal dari perbankan Syariah, kemudian menyusul Asuransi Syariah hingga lembaga keuangan mikro syariah. Dengan tumbuhnya industri lembaga ... -
Pengaruh Customer Review, Customer Rating, Harga, Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Minat Beli Produk Fashion Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Islam Fiai Uii Angkatan 2017-2019)
(Universitas Islam Indonesia, 2022-02-02)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer review, customer rating, harga, dan etika bisnis Islam terhadap minat beli produk fashion di Shopee. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan ... -
PENGARUH CUSTOMER REVIEW, CUSTOMER RATING, HARGA, DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA EKONOMI ISLAM FIAI UII ANGKATAN 2017-2019)
(Universitas Islam Indonesia, 2022-02-02)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer review, customer rating, harga, dan etika bisnis Islam terhadap minat beli produk fashion di Shopee. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan ... -
Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Belanja Produk Fashion di Shopee pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Etika Bisnis Islam dan Pengetahuan Produk terhadap minat belanja produk fashion di shopee yang sedang marak di kalangan mahasiswa oleh karena itu pentingnya etika bisnis dan pengetahuan produk sebelum membeli suatu produk ... -
Pengaruh Kualitas Produk, Etika Bisnis Islam, dan Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus : Coffeeshop Koffiekopi Jambi)
(Universitas Islam Indonesia, 2021-02-22)Di era modern ini para anak muda sudah peka terhadap berdagang, salah satunya membuka bisnis kedai kopi. Berdasarkan riset independent toffin, jumlah kedai kopi di Indonesia hingga agustus 2019 telah mencapai lebih dari ... -
Strategi Al-Kautsar Aqiqah Dan Catering Yogyakarta Dalam Mempertahankan Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam
(Universitas Islam Indonesia, 2022-08-03)Sejumlah permasalahan ekonomi yang terjadi selama pandemi Covid-19 menciptakan ketidakstabilan ekonomi khususnya bagi para pelaku usaha yang secara langsung mengalami penurunan permintaan barang dan jasa. Para pelaku usaha ... -
Strategi Bertahan Aleta Leather Bag Dan Totally Hijab Yogyakarta Selama Masa Pandemi Covid-19 Menurut Pandangan Etika Bisnis Islam
(Universitas Islam Indonesia, 2022-08-03)Pandemi yang muncul pada tahun 2019 memiliki dampak yang besar pada perekonomian, terutama bagi para pelaku usaha yang terdampak dari adanya perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi ... -
Strategi Bertahan Pengusaha Kuliner di Kabupaten Sleman di Masa Pandemi Perspektif Etika Bisnis Islam
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Pandemi Covid-19 memiliki dampak terhadap industri makanan UMKM usaha kuliner di Indonesia. Pelaku bisnis diharapkan mampu menerapakan strategi bersaing agar dapat mempertahankan usahanya selama pandemi berlangsung. Penelitian ... -
STRATEGI E-MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BUSANA MUSLIM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA BUSANA MUSLIM NAISHA)
(Universitas Islam Indonesia, 2020-01-06)Strategi e-marketing yaitu sebuah alat pemasaran yang terdiri dari 7p. Yakni, Product, Promotion, Price, Plate, People, Process, Physical Evidence. Dengan menggunakan etika bisnis islam berbagai prinsip keesaan, keseimbangan, ... -
Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dan Pameran Online Untuk Meningkatkan Penjualan Ekspor Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Cv. Palem Craft Jogja)
(Universitas Islam Indonesia, 2021-08-25)CV. Palem Craft Jogja merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ekspor yang menjual produk kerajinan tangan berupa cermin, hiasan dinding, dan lampu hias. Sebelum terjadinya pandemi Covid-19, Perusahaan ini memiliki ... -
Strategi Pengelolaan Pasar Tradisioadil Tradisional dalam Menghadapi Pasar Modern Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Masalah penelitian ini adalah pesatnya persaingan antar pedagang pada pasar tradisional dan pasar modern dapat memberikan tantangan tersendiri bagi para pedagang untuk memenangkan persaingan yang semakin kompetitif ...