Browsing Islamic Economics by Title
Now showing items 116-135 of 823
-
Analisis Pola Penyaluran Zakat pada Lembaga Amil Zakat (Studi Komparatif LAZ DKD, BAZNAS, dan Lazismu Kabupaten Magelang)
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Zakat merupakan instrumen keuangan publik yang ikut serta dalam pengentasan kemiskinan oleh OPZ (Organisasi Pengelola Zakat), khususnya pada Lembaga Amil Zakat yang telah memiliki izin operasional. Landasan penyaluran ... -
Analisis Potensi Industri Makanan Halal Sebagai Pendukung Pariwisata Syariah Di Kota Yogyakarta Analysis Of Halal Food Industry Potential As A Sharia Tourism Support In Yogyakarta City
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2022-12-16)Penelitian ini mendeskripsikan Industri Makanan Halal menjadi pendukung pariwisata Syariah Di Kota Yogyakarta. Industri makanan halal merupakan salah satu indikasi dalam menjadikan sebuah pariwisata syariah bagi kaum ... -
Analisis Praktek Akad Jual Beli Online Menggunakan Sistem Dropshipping Dalam Perspektif Hukum Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Pelaku Bisnis Marketplace Shopee)
(Universitas Islam Indonesia, 2022-06-09)Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis akad jual beli online dalam sistem dropshipping, menganalisis mekanisme jual beli online sistem dropshipping pada marketplace Shopee dan menganalisis kesesuaian akad jual ... -
ANALISIS PREFERENSI PEMBERIAN PEMBIAYAAN PEMILIKAN RUMAH (PPR) PADA BANK PEMBAGUNAN DAERAH CABANG SYARIAH KCP UII ANALYSIS OF PREFERENCE OF GIVING OWNERSHIP FINANCING IN REGIONAL DEVELOPMENT BANKS SYARIAH BRANCH KCP UII
(Universitas Islam Indonesia, 2018-12-07)Pembiayaan Pemilikan Rumah merupakan salah satu produk unggulan yang dimiliki Bank Syariah pada dekade ini. Produk tersebut memiliki dua akad yang saling integrasi diantaranya (tergantung pengajuan kredit). Diantaranya ... -
Analisis Prinsip Ekonomi Islam Terhadap Operasional Produk Investasi Emas Ibm Pada PT BRI Syariah (Persero),Tbk Kantor Cabang Pembantu Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Investasi merupakan salah satu instrumen penting sebagai jaminan di masa mendatang bagi setiap manusia. Terutama bagi pihak-pihak yang berkeinginan mendapatkan kebahagiaan melalui pola investasi. Lembaga keuangan syariah ... -
ANALISIS PRODUKSI MAKANAN OLAHAN BUAH SALAK DALAM TINJAUAN SYARIAH DI UMKM ROSALIA SNACK DAN SARISA MERAPI
(Universitas Islam Indonesia, 2020-01-07)Tujuan dari adanya penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana proses rantai pasok halal pada produksi makanan olahan buah salak di UMKM binaan Kabupaten Sleman. Metode yang digunakan ialah dengan deskriptif kualitatif ... -
ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR GADAI EMAS SYARIAH DI PEGADAIAN SYARIAH SARIHARJO YOGYAKARTA SESUAI FATWA NO.25/DSN-MUI/III/2002 SYSTEM ANALYSIS AND PROCEDURE OF SHARIA GOLD PAWN IN SHARIA MORTGAGE SARIHARJO YOGYAKARTA IN ACCORDANCE WITH FATWA NO.25/DSN-MUI/III/2002
(Universitas Islam Indonesia, 2019-11-10)Rahn emas merupakan produk jasa gadai yang berlandaskan prinsip syariah dimana nasabah tidak dikenakan bunga atas pinjaman yang diperoleh. Dalam transaksi rahn emas, uang atau dana yang dipinjamkan berbentuk pertolongan ... -
Analisis Strategi Bauran Promosi Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Cv. Aprilian Jaya Barokah)
(Universitas Islam Indonesia, 2021-12-17)CV. Aprilian Jaya Barokah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konveksi dengan konsisten menerapkan strategi bauran promosi secara online dalam pemasarannya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana ... -
ANALISIS STRATEGI BERSAING NAMIRA HOTEL SYARIAH DENGAN PORTER FIVE FORCES
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2018-04-05)Bisnis perhotelan menjadi salah satu penunjang yang sangat cepat kemajuannya dalam sektor pariwisata dengan makin pesatnya industri perhotelan di Indonesia. Usaha di bidang perhotelan menunjukkan adanya persaingan yang ... -
Analisis Strategi BPRS Formes Yogyakarta dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah dan Profitabilitas di Masa Pandemi Covid-19
(Universitas Islam Indonesia, 2022-03-29)Pandemi Covid-19 merupakan wabah yang menghancurkan aspek-aspek kehidupan, salah satunya dibidang perekonomian. Lembaga keuangan memerlukan adanya strategi dalam menghadapi pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk ... -
Analisis Strategi Layanan Digitalisasi Dalam Pengembangan Layanan Pada Bmt Beringharjo Yogyakarta Periode 2021-2022
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2022-11-01)Hadirnya BMT dapat meningkatkan ekonomi mikro sebagai pengemban ekonomi kerakyatan serta dapat menjalankan ekonomi syariah. BMT bebas dari unsur riba karena dalam pelaksanaannya berlandaskan aturan-aturan Al-qur’an dan ... -
Analisis Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Muslim Wedding Organizer Ospro Berdasarkan Konsep Etos Kerja Islami
(Universitas Islam Indonesia, 2022-08-03)Stategi manajemen SDM meliputi rekrutmen, seleksi, penilaian kinerja, pelatihan dan kompensasi. Pemilihan strategi manajemen sumber daya manusia yang tepat sasaran akan mengurangi terjadinya konflik antara organisasi ... -
ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX DI BMT MITRA USAHA UMMAT YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF ISLAM
(Universitas Islam Indonesia, 2018-08-15)Bauran pemasaran adalah alat-alat pemasaran yang terdiri dari 4P. Yakni, Product, Price, Promotion, dan Place. Untuk perusahaan jasa, variabel bauran pemasaran ditambah dengan 3P, yakni, People, Physical evidence dan ... -
Analisis Strategi Pemasaran Islami pada Rabbani Cilegon melalui Pendekatan Ansoff Matrix Solution
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran islami pada Rabbani Cilegon melalui pendekatan ansof matrix solution. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya bisnis fashion yang berkembang salah satunya ... -
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PARA PEDAGANG BATIK DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
(Universitas Islam Indonesia, 2018-08-14)Strategi adalah mengenai penetapan tujuan (tujuan strategi) dan mengalokasikan/ menyesuaikan sumber daya dengan peluang (strategi berbasis sumber daya).Pemasaran yaitu salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh ... -
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PENGHIMPUNAN DANA PADA BANK SYARIAH (STUDI KASUS DI BANK MUAMALAT KCP KUPANG NTT) Analysis Of Marketing Strategies Of Islamic Bank Fundraising Products (Case Study At Muamalat Bank Central Branch Office Kupang NTT)
(Universitas Islam Indonesia, 2019-11-08)Bank Muamalat sebagai Bank Syariah pertama di NTT khususnya kota Kupang sudah beroperasi sejak tahun 2006, dan mengalami pertumbuhan hingga tahun 2013. Namun sejak 2013-2017, grafik tersebut Mengalami penurunan dari berbagai ... -
ANALISIS STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI DESA WISATA BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI DESA WONOKERTO KABUPATEN SLEMAN
(Universitas Islam Indonesia, 2020-01-06)Penelitian ini menganalisis terkait dengan strategi pemberdayaan masyarakat melalui desa wisata dalam perspektif ekonomi Islam yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat desa. Masalah yang dimiliki oleh desa wisata ... -
Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Kopi Pasir Jogja Di Sleman)
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2022-11-23)Penelitian ini berjudul Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Kopi Pasir Jogja di Sleman) dengan tujuan untuk menganalisis konsep strategi pengembangan bisnis ... -
Analisis Strategi Penguatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desamart Kebon Agung Bantul Dengan Metode Swot
(Universitas Islam Indonesia, 2021-06-04)Pembentukan BUMDes bertujuan sebagai penggerak pembangunan lokal tingkat desa. Pembangunan ekonomi lokal desa ini didasarkan oleh kebutuhan potensi, kapasitas desa, dan penyertaan modal dari pemerintah desa untuk bertujuan ... -
Analisis Strategi Unit Usaha Syariah PT Bank BPD DIY dalam Menghadapi Spin-off 2023
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Perbankan syariah merupakan sistem perbankan yang menjalankan kegiatannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan syariah. Menurut Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah setiap Bank Umum Konvensional (BUK) yang ...