Show simple item record

dc.contributor.advisorIr. Hudaya, MM
dc.contributor.authorMachzaniel
dc.date.accessioned2021-12-01T09:00:39Z
dc.date.available2021-12-01T09:00:39Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34856
dc.description.abstractTeknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah dunia baru, interaksi baru, market place baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia yang tanpa batas. Warnet atau Warung Internet, juga banyak dikenal sebagai Cafe Internet (internet cafe), semakin menjamur di indonesia. Trend usaha di bidang Information Technology (IT) telah begitu berkembang terutama sepuluh tahun terakhir ini, dimana akses internet semakin mudah diakses oleh semua kalangan. Perkembangan pengguna internet (user) juga mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Bisnis ini jadi tidak mudah ketika harus memadukan 3 (tiga) kekuatan sekaligus, yaitu modal, teknik dan manajemen. Namun, dengan semakin maraknya fasilitas berinternet di tempat-tempat umum dengan adanya hot spot serta makin umumnya penggunaan laptop oleh masyarakat membuat warnet mulai ditinggalkan. Perkembangan teknologi mobile menyebabkan bisnis layanan telekomunikasi tak bergerak terkena imbasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang harus dikembangkan oleh pengelola warung internet “KlikNet” untuk meningkatkan kualitas pelayanannya sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Untuk mengetahui kebutuhan pelanggan dan tindakan apa yang perlu diambil menggunakan Quality Function Deployment (QFD). Berdasarkan hasil QFD dapat dilihat atribut mana yang akan dihapuskan, dikurangi, ditingkatkan dan diciptakan guna terciptanya Blue Ocean Strategy (BOS) dengan melihat posisi atribut pada Diagram Kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Blue Ocean Strategy untuk untuk merancang strategi marketing yang baru dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD) adalah dengan menghapuskan fasilitas penunjang keamanan, meningkatkan kecepatan akses dan fasilitas penunjang kemudahan dan kenyamanan, serta tidak ada yang perlu dikurangi. Selain itu faktor yang diusulkan untuk diciptakan berdasarkan keinginan konsumen adalah fasilitas hotspot dan layanan live streaming. Hal tersebut dilakukan demi terciptanya ruang pasar baru yang belum dilakukan pesaing. Selain itu juga semakin meningkatkan kualitas pelayanan warnet “KlikNet”. Kata kunci : Quality Function Deployment (QFD), Blue Ocean Strategy (BOS), Diagram Kartesius, warung internet (warnet).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectQuality Function Deployment (QFD)en_US
dc.subjectBlue Ocean Strategy (BOS)en_US
dc.subjectDiagram Kartesiusen_US
dc.subjectwarung internet (warnet)en_US
dc.title“Perancangan Strategi Marketing Pada Usaha Warung Internet (Warnet) Dengan Penerapan Blue Ocean Strategy ” (Studi Kasus Warung Internet di Jalan Kaliurang, Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM04522001


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record